Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 13:08 WIB

Di Paripurna DPR, PDIP Ingatkan Pembangunan SDM Jangan Hanya Wacana

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Suasana ruangan paripurna DPR RI Selasa (28/5) (Tsarina Maharani/detikcom) Foto: Suasana ruangan paripurna DPR RI Selasa (28/5) (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Fraksi PDI-Perjuangan meminta pemerintah untuk benar-benar merealisasikan program pembangunan sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan apa yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu juga disampaikan oleh Anggota Fraksi PDIP Daniel Lumban Tobing saat menyampaikan pandangan terhadap kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) RAPBN Tahun 2020.

"Penguatan SDM merupakan angin segar, tapi kami khawatir slogan ini hanya wacana tanpa gerak nyata, hanya jabaran kata-kata," kata Daniel di ruang rapat paripurna DPR, Jakarta, Selasa (28/5/2019).


PDI-Perjuangan, kata Daniel juga memberikan catatan tehadap pemerintah mengenai produksi minyak dalam negeri yang terus menurun. Sehingga membuay tanah air ketergantungan dengan impor.

Menurut Daniel, jika pemerintah mendorong atau memperbanyak membuka sumur-sumur baru maka PDI Perjuangan akan mendukungnya.

"Kami mendukung jika pemerintah membuka sumur baru, sehingga impor bisa ditekan," ujar dia.


Tidak hanya itu, Daniel juga menyampaikan harapan PDI Perjuangan kepada pemerintah agar membuka lapangan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi di level 5,3-5,6% berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja.

Meski banyak catatan, Daniel mengungkapkan bahwa PDI Perjuangan tetap menyetujui kepada KEM PPKF RAPBN Tahun 2020 untuk dibahas lebih lanjut. (hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com