Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Mei 2019 19:49 WIB

Cara Filter Penerbangan di Traveloka Biar Lebih Hemat

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tarif Rp 21 juta untuk penerbangan rute Bandung-Medan tengah jadi sorotan. Biayanya yang di luar kewajaran tentu jadi biang perhatiannya.

Pihak pengelola situs perjalanan Traveloka menjelaskan, angka fantastis itu muncul sebagai akumulasi beberapa perjalanan alias transit yang timbul akibat rute penerbangan langsung pada rute yang dituju sudah tak tersedia.

"Pada saat viral kemarin, (tiket penerbangan langsung) sudah habis," jelas PR Director Traveloka Sufintri Rahayu kepada detikFiannce, Kamis (30/5/2019).


Selain itu, angka yang tercantum juga merupakan tarif yang berlaku untuk kelas bisnis yang sudah barang tentu lebih mahal dari kelas Ekonomi.

Pilihan penerbangan transit memang bakal muncul secara otomatis sebagai pilihan alternatif bagi calon penumpang. Namun, wanita yang akrab disapa Fifi ini punya resep khusus agar penerbangan transit tak muncul dalam daftar pencarian teket.

"Untuk dapat memilih penerbangan langsung (direct flight), pengguna juga dapat dengan mudah melakukan filter daftar maskapai," kata dia.

Berikut tahapannya:
  1. Setelah menentukan tujuan, tanggal bepergian, dan kelas penerbangan, halaman akan menampilkan hasil pencarian. Lalu, pilih menu 'filter'.
  2. Pada bagian 'Transit', pilih menu 'Langsung', untuk hanya menampilkan penerbangan langsung.
  3. Klik 'Pilih Penerbangan'
  4. Laman akan menampilkan hasil pencarian daftar maskapai dengan penerbangan langsung
"Pengguna juga kami imbau untuk memastikan bahwa kelas penerbangan yang dicari sesuai dengan keinginan. Misal, jika ingin mencari kelas ekonomi, maka pada laman awal pencarian dapat memilih kelas ekonomi," sambung dia.


Bila tak muncul pilihan tiket dalam daftar penerbangan setelah dilakukan filter, maka bisa dikatakan penerbangan yang dimaksud sudah habis. Namun masyarakat calon penumpang tetap bisa memantau situs penjualan tiket secara berkala untuk mengecek ketersediaan.

"Harga dan ketersediaan stok tiket sendiri sifatnya dapat terus berubah secara real-time, untuk itu kami juga menyarankan pengguna kami untuk dapat melakukan pengecekan terus secara berkala, dan mengatur fitur Price Alert yang tersedia di platform kami, terutama di saat-saat peak season seperti sekarang ini," tandas dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com