Maskapai Asing Masuk RI, Darmin: Supaya Turunkan Harga

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Rabu, 05 Jun 2019 17:35 WIB
Foto: Ristu Hanafi
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar maskapai asing dapat masuk ke Indonesia. Hal ini dilakukan agar tarif tiket pesawat dalam negeri yang saat ini tinggi bisa turun.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan hal itu patut dicoba untuk memberi persaingan di dalam negeri. Meski nantinya ada risiko terjadinya kesulitan bersaing oleh maskapai.

"Risiko apa, tentu maskapai penerbangan bisa berteriak. 'huaa ini jadi susah'," ungkap dia di kediamannya, Jakarta, Rabu (5/6/2019).



Hanya saja, Darmin menilai usulan tersebut bisa dipertimbangkan guna menurunkan harga tiket. Sebab, saat ini hanya terdapat dua pemain yang mengusai penerbangan di dalam negeri, yakni Garuda Indonesia dan Lion Air.

Semakin banyak maskapai di dalam negeri maka harga tiket diharapkan bisa tertekan turun.

"Struktur pasar duopoli, Garuda dan Lion Air. Dia nggak akan bisa naikkan jauh-jauh karena saingan yang ada. Idenya adalah kalau struktur pasar cenderung memberikan power kekuatan di produsen maka jawabannya adalah undang saingannya supaya dia teken, turunkan harga itu dia," terangnya.

"Sekarang pemerintah milih apa. Pemerintah tidak hanya pikir produsen tapi konsumen. Kenaikan itu tidak akan terjadi setajam itu kalau pasar nggak duopoli," tutup dia.

(eds/eds)