Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Jun 2019 11:26 WIB

Mendag Bertemu Wamenlu Chili Bahas Perjanjian Perdagangan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Eduardo Simorangkir Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita siang ini akan melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Chili Rodrigo Yanez Benitez. Rencanannya, mereka berdua membahas perjanjian perdagangan.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemendag Punto Dewi, dalam pertemuan tersebut Enggar akan melaksanakan pertukaran dokumen yang merupakan bagian dari proses ratifikasi atau Instrument of Ratification (IoR).

Pertemuan ini akan dihadiri juga oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo di Auditorium 1 & 2 Kementerian Perdagangan pada pukul 11.30 WIB.

"Nanti pertukaran piagam. Bapak ditemani sama Pak Iman," kata dia kepada detikFinance, Selasa (11/6/2019).


Kegiatan ini merupakan lanjutan dari penandatangan kerja sama Indonesia-Chili Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) yang dilakukan pada tahun 2017 lalu.

Sementara itu, sebagai informasi dari data Kemendag, Indonesia-Chili periode Januari-Februari 2019 telah merealisasikan transaksi dagang sebesar US$ 36,6 juta. Dari angka tersebut, sebesar US$ 25,7 juta merupakan ekspor dari Indonesia dan impor sebanyak US$ 10,9 juta.

Artinya, nilai transaksi perdagangan Indonesia dengan Chili mencatat surplus sebesar US$ 14,7 juta.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com