CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 13:00 WIB

Lagi, Kemendag Bakal Keluarkan Izin Impor Bawang Putih untuk Swasta

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengeluarkan izin impor bawang putih kembali. Rencanannya, ada lima perusahaan yang akan mendapatkan izinnya.

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan hingga saat ini pihaknya telah mengeluarkan izin impor bawang putih sebanyak 250 ribu ton.

Jumlah yang telah dikeluarkan telah dikeluarkan sejak bulan Mei kemarin. Izin tersebut dikeluarkan secara bertahap, mulai 115 ribu ton hingga 250 ribu ton.


Dalam waktu dekat pun, ia juga akan mengeluarkan izin. Namun Oke belum mau menyebutkan jumlah izin yang akan dikeluarkan untuk lima perusahaan tersebut.

"Akan keluar lagi izinnya untuk lima perusahaan, nanti ya (jumlahnya). Kemarin itu sudah keluar kan 250 ribu ton kalau nggak salah," ungkap dia di sela-sela Halalbihalal di Kemendag, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Selain itu, kata Oke, akan ada juga 12 perusahaan yang mengajukan izin impor ke Kemendag. Perusahaan tersebut telah mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian.

"Setahu saya akan ada masuk lagi dari Kementan 12 importir untuk mengajukan izin impor," jelasnya.


Sementara itu, saat ini harga bawang putih di pasaran telah turun harganya di angka Rp 27.000 hingga Rp 28.000 per kg. Sebelumnya, harga sempat mencapai Rp 100.000 per kg di bulan Maret. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed