Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 14:53 WIB

Komentar Kelompok Tani Soal Kinerja Mentan Amran

Nurcholis Ma - detikFinance
Foto: Kementan Foto: Kementan
Jakarta - Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir memberikan apresiasi kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Amran dinilai telah bekerja keras, berjuang demi kepentingan petani dan berhasil mewujudkan berbagai capaian di sektor pertanian.

"Capaian pembangunan pertanian untuk mencapai target Indonesia Lumbung Pangan 2045, dengan capaian empat tahun setengah ini tahapannya menjadi sangat jelas dan nyata sekarang," ungkap Winarno di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Winarno menambahkan keberhasilan program dan kebijakan pertanian selama Menteri Amran memimpin tidak hanya terlihat dari capaian peningkatan produksi per hektar, tetapi juga dengan adanya program terobosan seperti #Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani).

"Program serasi inilah yang memberikan harapan besar untuk mencapai Indonesia Lumbung Pangan Dunia, ditambah lagi dengan kinerja yang begitu baik, terbukti dengan capaian WTP tiga kali berturut - turut dan penghargaan anti gratifikasi dari KPK," ungkap Winarno.


Terkait inflasi, Winarno yang telah menjadi Ketua KTNA sejak Tahun 2009 hingga sekarang, menegaskan baik inflasi umum maupun inflasi pangan pada masa Pemerintahan Jokowi - JK ini merupakan penurunan inflasi yang paling terendah.

"Inflasi pangan itu jelas sangat turun drastis, inflasi umum pun saya hitung itu jelas turun di masa Jokowi, karena saya berkepentingan ikut menghitung untuk penetapan HPP, yang biasanya rata-rata 6 sekarang ini rata-rata 3 untuk inflasi umum, ini satu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, ini inflasi terendah," tutur Winarno.

Lebih lanjut Winarno mengungkapkan Amran yang dikenalnya sebagai pejuang yang berani menghadapi segala resikonya dalam melindungi petani, merupakan sosok Menteri Pertanian yang paling tepat menjadi pemimpin di pertanian.


Winarno juga menambahkan berbagai kebijakan dan program yang Amran lahirkan selama ini, sangat dirasakan manfaatnya oleh petani seluruh Indonesia.

"Tadi saya sampaikan ke Pak Amran langsung, saya minta Pak Amran berkenan lanjut menjadi Menteri Pertanian periode berikutnya. Petani merasakan sekali adanya peningkatan, bagi kami petani merasa sangat terlindungi. Makanya saya menyebut Pak Amran ini, Menteri pejuang yang banyak melindungi petani, dengan segala resiko dan keberaniannya," tutup Winarno. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com