Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 13:08 WIB

Pengusaha Tagih Janji Jokowi Turunkan Tarif Pajak

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Biro Pers Setpres) Foto: Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Biro Pers Setpres)
Jakarta - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan banyak masukan yang telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya, menurunkan tarif pajak penghasilan (PPh).

Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan para pengusaha kakap dari Apindo dan Hippindo berlangsung selama hampir dua jam sejak 09.30 WIB di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Kami juga tadi membahas mengenai perpajakan. Perpajakan kami menyampaikan bahwa sekarang ini yang paling utama sebetulnya adalah untuk membahas mengenai UU PPN dan PPh. Jadi yang terkait dengan tarif. Itu yang lebih mendesak untuk kita selesaikan ketimbang ketentuan umum perpajakan," kata Hariyadi di Komplek Istana, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Hariyadi menyampaikan, para pengusaha berharap pemerintah bisa merealisasikan penurunan tarif PPh badan atau perusahaan ke level 17% dari yang sekarang 25%.

"Oleh karena itu juga kami menyampaikan sebaiknya kita fokus kepada pembahasan di PPN dan PPh supaya langsung dampaknya bisa dirasakan untuk kita semua," ujar dia.


Selain itu, Hariyadi menyampaikan langsung mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan penciptaan lapangan kerja melalui revisi UU Ketenagakerjaan.

"Karena UU ini selain sudah 15 kali diajukan ke MK, juga kenyataannya tidak sesuai lagi dengan kebutuhan, kondisi saat ini," ujar dia.

Selanjutnya, mengenai efisiensi birokrasi terutama dalam proses perizinan berusaha atau yang berkaitan dengan investasi. Begitu juga dengan anggaran promosi dan riset yang harus digabungkan dan tidak terpecah ke berbagai kementerian/lembaga (k/l).

Selanjutnya juga masalah tiket pesawat khusus penerbangan domestik. Menurut Hariyadi, Jokowi akan mengupayakan adanya kondisi yang lebih adil.



Pengusaha Tagih Janji Jokowi Turunkan Tarif Pajak
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com