Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 17:36 WIB

Uang Negara Rp 20 Triliun Disiapkan untuk Gaji ke-13 PNS

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyebut bahwa anggaran yang disiapkan untuk membayar gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN) mencapai Rp 20 triliun.

Hal itu dibenarkan oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Haryowiryono saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

"Diperkirakan sebesar angka tersebut (Rp 20 triliun)," kata Marwanto.

Marwanto bilang, proses pengurusan pencairan gaji ke-13 sudah bisa diajukan oleh satuan kerja (Satker) ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pencairan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) alias PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri cair 1 Juli 2019.

"PNS kan sekarang prosesnya seluruh Satker sedang mengajukan prosesnya ke kita. Pencairan selalu 1 Juli, tapi proses tadi pagi saya lihat sudah cukup banyak yang Satker sudah mulai ajukan" kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Kamis (13/6/2019).


Gaji ke-13 untuk para abdi negara ini sebagai biaya masuk sekolah di tahun ajaran baru. Oleh karena itu, proses pencairan dibedakan dengan tunjangan hari raya (THR).

Adapun, waktu pencarian gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

"Gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni," bunyi aturan Ayat 4 pasal (3) PP ini seperti dikutip detikFinance.


Uang Negara Rp 20 Triliun Disiapkan untuk Gaji ke-13 PNS
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com