Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Jun 2019 18:24 WIB

1.000 Satker Proses Pencairan Gaji Ke-13 PNS

Hendra Kusuma - detikFinance
PNS/Foto: Ari Saputra PNS/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Keuangan mencatat sudah ada satuan kerja (satker) instansi pusat yang memproses pencairan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI, dan Polri. Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Haryowiryono mengatakan dari sekitar 14.500 satker tercatat 7% di antaranya sudah mengajukan surat perintah membayar (SPM) gaji ke-13.

"Sampai dengan kemarin, sudah sekitar 7%, satker sudah mengajukan SPM," kata Marwanto saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (14/6/2019).


Jika dihitung, maka jumlah yang telah mengurus proses pencairan gaji ke-13 sebanyak 1.015 satker. Marwanto menjelaskan, proses pencairan gaji ke-13 sudah bisa dilakukan hingga akhir Juni tahun ini. Proses pencairannya pun disesuaikan dengan kecepatan para satker di masing-masing instansi.

"Pengajuan SPM dilakukan bertahap sesuai kecepatan penyiapan masing-masing satker," ujar dia.


Dapat diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pencairan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) alias PNS, TNI, dan Polri cair 1 Juli 2019. Saat ini satuan kerja (satker) masing-masing kementerian/lembaga (k/l) sudah mulai memprosesnya ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN).

"PNS kan sekarang prosesnya seluruh satker sedang mengajukan prosesnya ke kita. Pencairan selalu 1 Juli, tapi proses tadi pagi saya lihat sudah cukup banyak yang satker sudah mulai ajukan" kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Gaji ke-13 untuk para abdi negara ini sebagai biaya masuk sekolah di tahun ajaran baru. Oleh karena itu, proses pencairan dibedakan dengan tunjangan hari raya (THR). (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com