Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Jun 2019 12:16 WIB

Gantikan Rini, Menperin Usul Anggaran Kementerian BUMN Rp 345 M

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Komisi VI memanggil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk menggelar rapat kerja membahas rencana kerja dan anggaran kementerian lembaga (RKA KL) dan rencana kerja pemerintah (RKP) 2020.

Dalam rapat ini, Menteri BUMN tak hadir dan digantikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Rapat berlangsung mulai pukul 10.00 WIB.

Dalam paparannya, Kementerian BUMN pada tahun depan mengusulkan anggaran sebesar Rp 345,8 miliar atau naik dibanding tahun sebelumnya Rp 208 miliar. Anggaran tersebut terdiri dari program dukungan sebesar Rp 259,43 miliar dan pembinaan pembinaan BUMN sebesar Rp 86,39 miliar.

Berdasarkan belanjanya, belanja pegawai mencapai Rp 60,4 miliar, belanja operasional Rp 36,4 miliar, dan kegiatan inisiatif baru Rp 130,9 miliar.


Lebih rinci, untuk inisiatif baru tahun 2020 antara lain, dukungan program prioritas nasional Rp 15 miliar yang berupa peningkatan konektivitas, peningkatan sistem logistik, dan peningkatan produksi dan pemenuhan kebutuhan energi.

Dukungan penyempurnaan regulasi BUMN Rp 2,5 miliar berupa peraturan perundang-undangan terkait anggaran dasar, penyesuaian dan implementasi sistem merit SDM Rp 3 miliar dalam rangka memenuhi ketentuan Kementerian PANRB, peningkatan virtualisasi network server dan storage sebesar Rp 4,5 miliar.

Pengembangan enterprise governance, risk & complience (EGRC) system sebesar Rp 1 miliar, pembelian dan implementasi software ITSM Rp 3,9 miliar, pengadaan lahan untuk gedung arsip dan assessment center Rp 50 miliar. Serta, renovasi gedung dan relayout ruang kerja Rp 50,9 miliar.

Terkait renovasi, diperlukan renovasi ruang kerja untuk 9 lantai dengan pertimbangan aspek keselamatan kerja karena cukup banyak kejadian plafond jatuh menimpa pegawai. Selain itu, ruang kerja saat ini tidak nyaman untuk menampung tambahan 133 pegawai baru.




Tonton juga video BW Pertanyakan Keabsahan Ma'ruf Amin sebagai Pejabat BUMN:

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed