Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Jun 2019 17:48 WIB

Scoot, Anak Usaha Singapore Airlines Mau Buka Rute di RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: AFP PHOTO Foto: AFP PHOTO
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku sudah ada tiga maskapai asing yang minat membuka kantor di Indonesia untuk bersaing melayani penerbangan domestik. Salah satunya anak usaha Singapore Airlines, Scoot Tigerair Pte Ltd.

Scoot sendiri merupakan maskapai di segmen low cost carrier (LCC) atau murah. Sampai saat ini, Scoot sudah mengoperasikan 24 Airbus 320s dan 16 Boeing 787 Dreamliners.

"Yang ada apa itu, Scoot sama siapa ada tiga itu yang baru," kata Budi Karya di Komplek Istana, Jakarta, Senin (17/6/2019).


Selain itu menurut Budi, ada 2 maskapai asing yang juga menunjukkan minatnya beroperasi di Indonesia. Diharapkan keberadaan mereka akan meningkatkan kompetisi yang berujung pada penurunan harga tiket.

"Jadi spiritnya ginilah, jadi spiritnya bukan asing tapi kompetisi. Air aisa pertama mungkin bisa jalan," kata

Keberadaan Air Asia di Indonesia, kata Budi Karya pun tinggal menambah jangkauan layanannya. Tujuannya agar layanan penerbangan domestik bisa dilayani banyak maskapai. Saat ini, sekitar 97% penerbangan domestik dikuasai Garuda Indonesia Grup dan Lion Air Grup.


Dengan adanya pesaing baru, Mantan Bos Angkasa Pura II ini pin berharap harga tiket pesawat bisa turun. Dirinya mengaku, jika tingginya harga tiket pesawat bukan menjadi urusan pihak Kementerian Perhubungan.

Pasalnya, Kementerian Perhubungan sebagai regulator hanya bisa mengatur tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB).

"Tiket itu bukan urusan saya. Jadi urusan dari airlane-nya. Saya urusannya atas dan bawah," ungkap dia. (hek/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed