Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 21:00 WIB

Sri Mulyani Bawa Masalah Pajak Google Cs ke KTT ASEAN dan G20

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Agung Pambudhy Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan membahas isu perpajakan digital atau upaya mengenakan pajak terhadap Google, Facebook, hingga Twitter pada pertemuan tingkat internasional.

Dalam waktu dekat, ada pertemuan KTT ASEA di Thailand dan KTT G20 di Osaka, Jepang. Presiden Jokowi pun akan berangkat ke sana.

"Seperti yang saya sampaikan sebelumnya untuk materi isu mengenai perpajakan digital, juga pasti nanti akan dimunculkan," kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Selain itu, Sri Mulyani mengungkapkan kedua pertemuan internasional itu pun akan membahas mengenai perkembangan ekonomi terkini, seperti perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China.


Sri Mulyani berharap bahwa pertemuan tersebut menjadi ajang persatuan negara-negara ASEAN dalam menghadapi ketidakpastian dunia.

"Terutama dalam menghadapi kondisi perang dagang, dalam menghadapi masalah-masalah geo politik," ujar dia.

Sedangkan isu yang akan diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk KTT ASEAN akan mengusung kerja sama kepabeanan dengan menggunakan single document. Lalu, penggunaan uang lokal.

Untuk KTT G20, Sri Mulyani bilang Presiden Jokowi akan membahas mengenai perang dagang. Selanjutnya masalah pembiayaan infrastruktur hingga teknologi.

"Terutama untuk Bapak Presiden, mengenai masalah isu-isu yang juga penting dan diangkat oleh tuan rumah. Seperti aging population, dan universal health coverage, dalam hal ini mengenai sistem kesehatan menyeluruh, yang merupakan salah satu isu yang penting di Jepang dan ingin dibahas di tingkat leaders," ungkap dia.

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed