Seputar Supermarket Giant Bakal Tutup 6 Gerai

Puti Yasmin - detikFinance
Senin, 24 Jun 2019 15:45 WIB
Seputar Supermarket Giant Bakal Tutup 6 Gerai/Foto: Giant - Achmad Dwi Afriyadi, detikFinance
Jakarta - Supermarket Giant dikabarkan akan menutup 6 gerainya. Supermarket tersebut akan menutup tokonya pada 28 Juli mendatang.

Hanya saja, pihak manajamen supermarket Giant, yakni External Communication Manager Hero Supermarket Fia Arwinta belum mau mengonfirmasi hal tersebut. Ia hanya meminta awak media untuk mengirimkan daftar pertanyaan melalui surat elektronik.



Berikut seputar kabar tutupnya supermarket Giant:

1. Lokasi 6 Supermarket Giant yang Bakal Ditutup

Dari kabar yang beredar, keenam toko yang akan ditutup adalah Giant Ekspres Cinere Mal, Giant Ekspres Mampang, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Jatimakmur, Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur, dan Giant Ekstra Wisma Asri.

detikFinance pun mencoba mendatangi salah satu supermarket, yakni Giant Eskpres Mampang. Hasilnya, salah satu karyawan supermarket membenarkan penutupan pada 28 Juli mendatang.

2. Penyebab Tutupnya Supermarket Giant

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta, penyebab tutupnya supermarket Giant dikarenakan kalah bersaing. Sebab, saat ini telah bermunculan toko-toko baru yang semakin mengetatkan persaingan.

"Salah satu unsur itu, karena persaingan yang cukup ketat pasti akan makan korban. Banyak pemain baru, pemain lama brandnya, tapi outletnya pertambahannya banyak terus. Mungkin brand 1-2 itu nambahnya nggak terlalu banyak, tapi outletnya nambah terus," terang Tutum.

Selain itu, ia tak membenarkan tutupnya supermarket Giant dikarenakan kalah bersaing dengan toko online. Sebab, pada dasarnya persaingan toko offline dan online dinilai tak terlalu berdampak.

"Nggak, sesama pemain saja. Kalau produk makanan di online nggak terlalu. Banyak faktor, persainganlah, manajemen, atau faktor persaingan sesama pemain. Mungkin juga karena memang lokasi-lokasi yang kurang bagus, sudah mulai ditinggalkan konsumen," ungkapnya.



3. Supermarket Giant Diserbu Pembeli


Dipantau detikFinance, supermarket yang berlokasi di Mampang Prapatan telah diserbu pembeli. Hal ini karena supermarket yang bakal ditutup itu memberikan diskon terhadap barang-barangnya. Bahkan terlihat antrean dari pembeli.

Bagian luar dan dalam supermarket pun telah dihiasi dengan spanduk bertuliskan ʻKami Tutup Hanya di Toko Iniʻ dan ʻSemua Harus Terjual Habisʻ.

4. Jam Operasionalnya

Setiap supermarket Giant memiliki jam operasional yang berbeda-beda tergantung manajemennya. Seperti Giant Ekspres Mampang yang bakal ditutup ini, mematok jam operasional buka pukul 10.00 WIB dan tutup jam 22.00 WIB.


(pay/nwy)