Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Jun 2019 16:34 WIB

Janji Pemerintah ke Peternak untuk Stabilkan Harga Ayam

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Eko Sudjarwo Foto: Eko Sudjarwo
FOKUS BERITA Harga Ayam Anjlok
Jakarta - Harga ayam hidup di level peternak anjlok drastis. Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) mengungkapkan pemerintah telah menjanjikan beberapa upaya untuk menstabilkan harga ayam kembali.

Pertama, Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan solusi untuk memotong induk ayam. Sehingga, ayam petelur yang menghasilkan anak ayam berkurang. Cara tersebut dianggap dapat menghentikan kelebihan suplai ayam.

"Dari Kementan akan ada pemangkasan ayam induk biar nanti tidak terjadi over supply atau tidak bertelur lagi," tutur Sekretaris Jenderal Gopan Sugeng Wahyudi ketika dihubungi detikFinance, Rabu (25/6/2019).

Kedua, Kementerian Perdagangan akan mengadakan bazar-bazar di kementerian lembaga yang melibatkan ritel modern. Ritel modern ini nantinya akan menjual ayam yang diserap dari peternak ayam.


"Kedua dari Kemendag, saya sudah ditelepon semalam oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) katanya mau diadakan semacam bazar dari departemen ke departemen di sejumlah Kementerian. Akan ada semacam dengan melibatkan ayam-ayam dari peternak rakyat. Ini melalui ritel modern, bekerja sama yang dipandu oleh Kemendag," tutur Sugeng.

Lalu, terkait kebijakan pembagian ayam gratis kepada masyarakat yang melalui CSR (Corporate Social Responsibility) dari Dirjen PDN, menurut Sugeng hal tersebut hanya berlaku bagi perusahaan ternak ayam besar. Sedangkan, peternak rakyat tak dapat melakukan hal tersebut.

"Itu kan nggak realistis. Orang kami sudah rugi kok disuruh CSR, bagi peternak kecil ya. CSR itu untuk perusahaan-perusahaan besar, kan mereka juga berbudi daya, juga memelihara ayam-ayam di kandang, sama. Mereka yang harusnya CSR, bukan kita," imbuh dia.

Sebagai informasi, anjloknya harga ayam ini karena berlebihnya stok ayam hidup di kandang peternak. Peternak menilai kelebihan stok ini disebabkan oleh melesetnya perhitungan Kementerian Pertanian (Kementan). Sebab, angka produksi per minggu anak ayam itu sudah ditentukan oleh Kementerian Pertanian.

(fdl/fdl)
FOKUS BERITA Harga Ayam Anjlok
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com