Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 29 Jun 2019 22:08 WIB

Trump Sebut China akan Beli Produk Pertanian AS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping/Foto: Reuters Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping/Foto: Reuters
Jakarta - Amerika Serikat (AS) dan China hari ini sudah bertemu dan bernegosiasi terkait ketegangan dagang yang terjadi. Presiden AS Donald Trump menjelaskan pihaknya tidak akan menaikkan tarif untuk China saat ini.

Mengutip Reuters, Trump juga menyebut jika China akan membeli produk pertanian asal AS.

"Kami tak menaikkan tarif dan mereka (Cina) akan membeli produk pertanian dari AS," kata Trump dikutip dari Reuters, Sabtu (29/6/2019).

Pertemuan ini terjadi di sela-sela KTT G-20 di Osaka, Jepang. Ketegangan dagang yang terjadi antara kedua negara besar di dunia ini telah berlangsung selama satu tahun dan menyebabkan kerugian miliaran dolar AS, mengganggu industri manufaktur global dan pasokan hingga masalah pada pasar keuangan.


Kantor berita Xinhua mengungkapkan AS memang tidak akan memberlakukan tarif baru pada ekspor China.

Trump menjelaskan pertemuan dengan Presiden China ini berjalan lancar dan baik. Trump menyebutkan tidak memiliki permusuhan terhadap China dan berharap hubungan yang lebih baik antara kedua negara.

"Pertemuan kami dengan Presiden Xi berjalan lancar dan baik. Kami membahas banyak hal dan kami akan segera kembali seperti semula dan melihat apa yang terjadi ke depan," kata Trump.

Dia mengungkapkan, pertemuan ini akan menjadi kesepakatan perdagangan yang adil dan bersejarah. Namun sayang, Trump belum mau menjelaskan apa maksud perkataannya tersebut.


Ketegangan dagang antara AS dan China seperti masalah Huawei Technologies turut mengancam pertumbuhan ekonomi global.

"Ketegangan dagang antara AS dan Cina sangat sulit, mereka berkontribusi pada perlambatan ekonomi global," ujar Presiden Komisi Eropa, Jean Claude Juncker pada hari pertama KTT G-20.

Simak Video "Sejarah Baru Jika AS-China Sepakat Perdagangan yang Adil"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed