Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 30 Jun 2019 16:30 WIB

Liputan Khusus Piringan Hitam Masih Eksis

Mau Punya Musik Jadul Piringan Hitam, Berapa Sih Harganya?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Geliat Bisnis Pernak-pernik Musik Jadul (Trio Hamdani/detikFinance) Foto: Geliat Bisnis Pernak-pernik Musik Jadul (Trio Hamdani/detikFinance)
Jakarta - Di zaman modern rupanya masih banyak orang yang rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah demi mendapatkan musik jadul yang disimpan di kaset pita hingga piringan hitam atau vinyl. Biar kata usang, harga barang tersebut tak bisa dibilang murah.

Penjual piringan hitam di Jalan Surabaya Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Irwansyah mengatakan, harga piringan hitam yang dia jual bisa sampai Rp 5 jutaan, sedangkan paling murah Rp 300 ribuan.

"Paling murah Rp 300 ribu lah. Paling mahal bisa sampai jutaan, Rp 5 jutaan ada," katanya saat berbincang dengan detikFinance di tokonya, ditulis Minggu (30/6/2019).


Tentu saja, kata dia mahalnya harga ditentukan oleh kelangkaan barang dan popularitas band atau penyanyinya. Seperti Koes Plus misalnya, harganya sudah mencapai jutaan rupiah.

"Kalau lagu-lagu kayak Koes Plus harga sudah lumayan tinggi," sebut dia.

Gunawan, penjual piringan hitam di Blok M Square, Jakarta Selatan juga mengatakan harga piringan hitam yang dia jual di tokonya sudah mencapai di atas Rp 500 ribu rupiah.

"Kalau saya sih orang tahunya nyarinya yang antik ya, jarang yang kelas-kelas low end, jadi biasanya saya memang di atas Rp 500 ke atas jualnya," jelasnya.

Kelangkaan barang memang jadi kunci penentu harga barang kuno seperti ini karena memang sudah tidak diproduksi lagi. Apalagi barang yang sudah langka namun kualitasnya masih bagus, harganya bakal lebih mahal lagi.

Kalau harga kaset pita mungkin tak semahal piringan hitam. Namun untuk lagu-lagu tertentu harganya juga bisa sampai jutaan rupiah. Seperti yang diungkapkan oleh Yuta, penjual kaset pita di Blok M Square, Jakarta Selatan.

"Paling murah saya tetapin ada yang Rp 10 ribu juga ada. Paling mahal saya pernah jual kaset Rp 1,5 juta," ujarnya.


Harga kaset pita ini pun bakal semakin mahal seiring waktu. Ibarat kata, makin tua makin jadi. Kalau pada kaset pita ini makin lama makin langka dan makin bernilai harganya.

Dia mencontohkan, pernah suatu ketika dia menjual kaset pita album Amburadul yang menyajikan lagu-lagu Iwan Fals sebelum tenar. Saat ini nama panggung yang dia gunakan masih Virgiawan Listianto.

"Ada penggemar Iwan Fals nyari itu ya sudah saya jual Rp 1,5 juta harganya. Mungkin sekarang bisa sampai Rp 3 juta," tambahnya.

Simak Video "Koleksi Piringan Hitam Lokananta Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com