Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Jul 2019 18:46 WIB

Siap-siap, Tarif Baru Ojek Online akan Berlaku di 15 Kota Lagi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
FOKUS BERITA Tarif Baru Ojek Online
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerapkan aturan baru ojek online (ojol) lewat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat. Aturan ini diterapkan secara bertahap, di mana baru ada lima kota yang mendapat giliran yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan selanjutnya aturan baru ojol ini akan diterapkan di 15 kota. Dengan demikian total akan ada 20 kota yang mulai menerapkan aturan baru ojol.

"Kalau usulan Grab cukup banyak kota-kota yang bisa diberlakukan. Karena ini sudah 222 kota yang ada ojol, supaya pengawasan mudah, kita tentukan kotanya. Kemarin kan lima kota besar, akan saya perluas lagi jadi 20 kota besar," katanya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019).

Budi sendiri enggan menyebutkan kota mana saja yang antre dalam penerapan aturan baru ojol tersebut. Namun dia memastikan akan ada perwakilan tiap kota dari masing-masing zona 1, 2, dan 3.

"Setelah sudah berjalan bagus nanti baru diperluas," katanya.

Rencana ini juga telah disampaikan ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Namun demikian dia enggan menjelaskan kapan waktu pasti perluasan aturan baru ojol tersebut dilaksanakan.

"Saya sudah bilang Pak Yani (Direktur Angkutan Jalan) untuk dibuatkan surat kepada Pak Menteri. Saya sudah laporkan Pak Menteri kemarin, Pak Menteri juga setuju, tapi memang dipilih kota-kotanya," katanya.


Aturan baru ojol sendiri mencakup beberapa poin, di antaranya mengenai tarif baru. Rincian tarifnya ditetapkan dalam regulasi turunannya yaitu Surat Keputusan (SK) Menteri Perhubungan pada tanggal 25 Maret 2019.

Batasan tarif ojol Zona I meliputi Sumatera dan sekitarnya, Jawa dan sekitarnya, (selain Jabodetabek), dan Bali adalah Rp 1.850-Rp 2.300/Km. Berikutnya Zona II meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi adalah Rp 2.000-Rp 2.500/Km.

Terakhir untuk Zona III yang meliputi Kalimantan dan sekitarnya, Sulawesi dan sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara dan sekitarnya, Kepulauan Maluku dan sekitarnya, Papua dan sekitarnya adalah Rp 2.100-Rp 2.600/Km.



Simak Video "Dear Pengguna Ojol, Ini Tarif Baru yang Berlaku Mulai September"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ang)
FOKUS BERITA Tarif Baru Ojek Online
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com