Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Jul 2019 22:35 WIB

Sri Mulyani Pede Cukai Kantong Plastik Berlaku Tahun Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Instagram @smindrawati Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Instagram @smindrawati
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pemerintah bisa mengimplementasikan aturan pemungutan cukai terhadap kantong plastik pada tahun 2019. Hal itu diungkapkan usai rapat kerja (raker) dengan Komisi XI dewan perwakilan rakyat (DPR) yang membahas salah satunya laporan pengenaan cukai terhadap kantong plastik.

"Insyaallah tahun ini (implementasi), kita optimis," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Keputusan raker antara pemerintah dengan Komisi XI DPR adalah harus dibahas lebih mendalam lagi. Itu artinya, masih belum mendapatkan lampu hijau dari pihak parlemen.

Meski demikian, pemerintah tetap optimis bisa diimplementasikan tahun ini mengingat dampak sampah plastik sangat luas terhadap lingkungan maupun kesehatan.


Nantinya, kata Sri Mulyani aturan pelaksanaannya akan tertuang dalam peraturan menteri keuangan (PMK) yang merupakan turunan dari peraturan pemerintah (PP).

Sementara itu, Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan PP nantinya akan mengatur mengenai barang kena cukai. Sedangkan PMK merupakan pelaksanaannya

Untuk tahap pertama, kata Heru, pemerintah mengusulkan kantong plastik yang terkena cukai. Besaran tarifnya Rp 30.000 per kg atau Rp 200 per lembar dengan catatan per kg berjumlah 150 lembar plastik.

"Rincinya adalah kita akan menindaklanjuti persetujuan itu dalam bentuk PP dan PMK nah sekarang objeknya ditentukan dalam rapat berikutnya. Pemerintah sampai dengan tadi telah mengusulkan barang kena cukai baru dalam bentuk kantong plastik," kata Heru.



Simak Video "Pengumuman! Cukai Rokok Naik Mulai 1 Januari 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com