Round-Up 5 Berita Terpopuler

PPD Dilirik Layani ke Soetta, Pilihan Investasi Buat Pemula

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sabtu, 06 Jul 2019 20:00 WIB
PPD Dilirik Layani ke Soetta, Pilihan Investasi Buat Pemula
Foto: Sudirman Wamad/detikcom

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Pemprov Jabar mempromosikan Bandara Kertajati dan mempermudah aksesnya. Ia berharap adanya promosi bersama untuk BIJB.

"Pemprov harus terdepan mengampanyekan atau promosi, semisal melalui wisata dan lainnya. Semua kampanye bisa disatukan," katanya.

Di tempat yang sama, Eksekutif General Manager Angkasa Pura II Ibut Astono mengatakan penumpang pesawat mengalami peningkatan sejak dimulainya pemindahan rute 12 penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati hingga hari ini.

"Awalnya sekitar 3.300 penumpang, kemudian penumpang terus tumbuh dan pada Jumat kemarin mencapai 4.900 penumpang. Artinya ada peningkatan," katanya.

Ibut mengaku pihaknya terus berupaya untuk menambah rute penerbangan di BIJB.

"Sementara belum ada penambahan. Masih berupaya dengan airline untuk menambah rute baru. Melihat kondisi sekarang bandara ini baru digunakan sekitar 20 persenan, artinya masih sangat menampung dan menambah penumpang," ucap Ibut.

Ini Pilihan Investasi Buat Pemula

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho mengungkapkan untuk pemula yang ingin berinvestasi bisa memilih sejumlah instrumen yang cocok dengan dana yang dimiliki.

"Untuk pemula paling baik ya yang sesuai dengan karakter diri, tujuan berinvestasi serta dana yang dimiliki," kata Andy saat dihubungi detikFinance, Sabtu (6/7/2019).

Dia mengungkapkan untuk para pemula yang memiliki dana terbatas dan konservatif alias tidak terlalu berani mengambil risiko bisa memilih deposito, obligasi ritel Indonesia (ORI), sukuk ritel, logam mulia atau reksa dana yang berbasis pasar uang.

Untuk obligasi ritel, saat ini pemerintah sudah banyak menerbitkan surat utang negara dalam bentuk ritel dan bisa dibeli dengan harga yang murah. Misalnya beberapa waktu lalu Kementerian Keuangan menerbitkan saving bonds ritel(SBR) yang bisa dibeli mulai dari Rp 1 juta. Ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk investor pemula yang ingin mengembangkan uangnya di instrumen surat utang negara.

Sedangkan untuk logam mulia atau emas kini sudah banyak pilihan, mulai dari gadai emas, cicil emas sampai beli langsung secara batangan di counter atau toko penjualnya.

Mereka yang masih baru terjun untuk investasi bisa memilih produk lain seperti reksa dana pasar saham, sebelum nanti bisa masuk pasar saham langsung.



(ara/ara)

Simak Video "Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Tulis Pesan untuk Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]