Round-Up 5 Berita Terpopuler

Jokowi Tegur Rini dan Jonan soal Impor Migas, Tiket Pesawat Murah

Ardan Adhi Chandra, Andhika Prasetia - detikFinance
Senin, 08 Jul 2019 20:35 WIB
Jokowi Tegur Rini dan Jonan soal Impor Migas, Tiket Pesawat Murah
Foto: (Instagram/jokowi)

Pak Jokowi, Ini Bukti Bahwa Ekonomi RI Sedang Lesu

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diproyeksi di kisaran 5%-5,4%. Sementara itu, pemerintah tahun ini menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3%.

Mengutip CNBC Indonesia, Senin (8/7/2019), ada beberapa hambatan yang menyebabkan landainya proyeksi pertumbuhan ekonomi. Dari faktor eksternal ada ketidakpastian akibat ketegangan dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China. Ini disebut menyebabkan modal asing tak mau masuk ke negara berkembang dan berbalik ke negara maju.

Pada Mei 2019, Presiden AS Donald Trump, telah meningkatkan bea impor produk China sebesar US$ 200 miliar menjadi 25% dari sebelumnya 10%. Karena pemberlakuan tarif ini, China membalas dengan memberlakukan bea impor sekitar 5-25% untuk produk asal AS senilai US$ 60 miliar.

Karena itulah, modal asing mulai pergi dari negara berkembang hal ini karena risiko investasi di negara berkembang lebih tinggi dibanding negara maju.

Akibat perang dagang tersebut, pertumbuhan ekonomi dunia semakin lambat hingga Bank Dunia menurunkan proyeksi menjadi 3,3% dari sebelumnya 3,5%.

Sedangkan dari dalam negeri, ada tantangan untuk menyelesaikan defisit transaksi berjalan yang belum bisa diselesaikan.

Defisit transaksi berjalan emang sudah dialami Indonesia sejak 2011 lalu. Transaksi berjalan merupakan komponen penting yang berperan dalam menjaga stabilitas keuangan dalam negeri.

Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan Vietnam, defisit transaksi berjalan Indonesia paling besar.

Pada 2017 CAD Indonesia tercatat US$ 16,19 miliar atau sekitar 1,73% dari produk domestik bruto (PDB). Sementara itu Thailand mencatatkan surplus 10,5%, Malaysia 3% dan Vietnam 2,74%.


(hns/fdl)

Simak Video "Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 di Istana"
[Gambas:Video 20detik]