Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 12:13 WIB

Serba Online, Begini Cara Beli Surat Utang 'James Bond'

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah kembali menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) ritel berbasis online (e-SBN) yang diberi nama SBR007. Produk ini memiliki kupon berjenis mengambang dengan batasan tingkat kupon minimal (floating with floor).

Kuponnya akan mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7 days reverse repo rate. Penghitungan kuponnya adalah suku bunga acuan BI ditambah spread tetap 1,5%.

Untuk tingkat kupon periode 3 bulan pertama (Juli-Oktober 2019) suku bunga acuan yang berlaku diambil di level 6%. Itu artinya kupon yang diberikan 7,5%. Level 7,5% juga menjadi batasan kupon minimal.

Itu artinya meskipun BI menurunkan suku bunga acuannya, kupon SBR007 tetap di 7,5%. Namun jika BI menaikkan suku bunga acuan kupon SBR007 akan ikut naik.



Karena bersifat ritel, SBR007 bisa dibeli dengan tarif yang cukup terjangkau yakni minimal Rp 1 juta dan batasan maksimalnya Rp 3 miliar. Lalu bagaimana cara membelinya?

Pemerintah sendiri menunjuk 20 mitra distribusi yang terdiri dari 12 bank umum, 3 perusahaan sekuritas, 3 perusahaan efek khusus berbasis teknologi dan 2 perusahaan fintech peer to peer lending. SBR007 bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi tersebut.

Caranya dengan membuka website masing-masing mitra distribusi, kemudian lakukan registrasi secara online. Investor melakukan registrasi melalui sistem online Midis. Bagi investor baru perlu membuat Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga via sistem pemesanan online.

Setelah pendaftaran, lakukan pemesanan melalui sistem elektronik Midis. Tentunya setelah membaca ketentuan dalam memorandum informasi.

Setelah orderan terverifikasi, investor akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) via sistem elektronik Midis atau email kepada investor. Billing code digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

Setelah itu lakukan pembayaran yang melalui seluruh Bank/Pos Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran seperti teller, ATM, internet banking dan mobile banking. Batasan waktu pembayaran maksimal 3 jam sejak pemesanan dinyatakan terverifikasi.

Kemudian calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar. Setelah itu baru diterima bukti kepemilikan SBR via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar.

Berikut daftar mitra distribusi SBR007; Bank Central Asia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Maybank Indonesia, Bank CIMB Niaga, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank DBS Indonesia, Bank HSBC Indonesia
Trimegah Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas, Bareksa Portal Investasi, Star Mercato Capitale, Nusantara Sejahtera Investama, Investree Radhika Jaya (Investree) dan Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku).



Simak Video "Sri Mulyani Ajak Milenial Aktif Investasi Surat Utang Negara"

[Gambas:Video 20detik]

Serba Online, Begini Cara Beli Surat Utang 'James Bond'
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com