Pemerintah Ajak Pengusaha 'Serbu' China

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 12 Jul 2019 09:59 WIB
3.

2. Ini Produk yang Dijual

Pemerintah Ajak Pengusaha Serbu China
Foto: Pradita Utama

Indonesia bakal mendorong pelaku usaha dalam negeri untuk membuka pasar di China. Ada beragam produk yang bakal dioptimalkan untuk masuk pasar Tiongkok tersebut.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Marolop Nainggolan mengatakan, produk-produk kesehatan ringan memiliki potensi yang bagus di China, mulai dari minuman herbal seperti jamu hingga obat gosok.

"Apa saja diminati oleh pasar Tiongkok terutama makanan-minuman, produk kesehatan sangat diminati, katakan yang ringan-ringan, obat gosok, minuman herbal," kata dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Tentu saja itu menjadi hal yang positif. Pasalnya kata dia bahan bakunya mudah didapat di Indonesia. Tentu harusnya tak ada kendala dalam memproduksinya.

Ditambah lagi, dia menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat China terhadap kesehatan terbilang tinggi. Produk-produk kesehatan akan sangat diminati di sana. Faktor-faktor tersebut jadi prospek yang bagus.

"Masyarakat Tiongkok itu lebih memperhatikan kesehatan. Kesehatan tubuh sangat diperlukan oleh konsumen Tiongkok. Saya kira ini bisa jadi salah satu pasar yang cukup besar untuk kita dengan produk-produk itu," ungkapnya.

(dna/dna)