Tingkatkan Daya Saing RI, Jokowi: Kita Tinggalkan Cara Lama

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 14 Jul 2019 20:32 WIB
Foto: Agus Suparto/Fotografer Jokowi
Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Indonesia saat ini dihadapi oleh sejumlah tantangan pada lingkungan global yang terus berubah. Di tengah kondisi tersebut, Indonesia harus mampu meningkatkan daya saing.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato kemenangan dalam acara bertajuk 'Visi Indonesia' di Sentul International Convention Center (SICC), Minggu (14/7/2019)

"Kta harus menyadari bahwa sekarang kita hidup dalam lingkungan global yang sangat dinamis, fenomena global yang ciri-cirinya kita tahu penuh perubahan," jelas Jokowi.


Perubahan-perubahan tersebut disadari Jokowi begitu cepat dan penuh risiko, kompleksitas dan kejutan yang sering jauh dari perhitungan.

"Oleh sebab itu kita harus cari model baru, nilai baru dalam mencari solusi dari tiap masalah yang kita hadapi, dengan inovasi.

"Dan kita semua harus mau dan akan kita paksa untuk mau, kita harus tinggalkan cara-cara lama, kita harus tinggalkan pola-pola lama, baik kelola organisasi, lembaga maupun pemerintahan yang sudah tidak efektif harus kia buat jadi efektif," jelasnya.


Pola-pola yang tidak efisien menurut Jokowi juga harus dibuat menjadi efisien.

"Manajemen seperti ini yang kita perlukan sekarang kita harus menuju pada negara yang lebih produktif, daya saing dan fleksibilitas yang tinggi dalam hadapi perubahan itu," tambahnya.


Tingkatkan Daya Saing RI, Jokowi: Kita Tinggalkan Cara Lama


Simak Video "Jokowi Ingatkan Kasus TBC di RI ke-3 Terbesar di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)