Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Jul 2019 13:18 WIB

Harga Cabai di Rembang Melonjak hingga Rp 65.000/Kg

Arif Syaefudin - detikFinance
Ilustrasi pedagang cabai/Foto: Puti Aini Yasmin Ilustrasi pedagang cabai/Foto: Puti Aini Yasmin
Rembang - Harga cabai di sejumlah pasar di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, melonjak. Tak hanya satu jenis, namun sebagian besar jenis cabai yang mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan harganya sampai dua kali lipat dari harga semula.

Salah seorang pedagang di pasar kota Rembang, Ebit warga Ngotet Rembang mengatakan, harga cabai merah dari yang semula senilai Rp 30.000 kini naik menjadi Rp 65.000/kilogram (kg) Cabai rawit dari yang semula Rp 20.000 kini menjadi Rp 40.000 lebih.

Termasuk cabai hijau yang semula per kilogram seharga Rp 15.000 kini naik hingga Rp 40.000/kg.

"Cabai merah dari semula Rp 30.000, sekarang Rp 65.000 Cabai rawit, dulu itu 20 sekarang 40 ribu lebih, kalau ijo tadinya Rp 15.000 sekarang Rp 40.000," kata Ebit, Selasa (16/7/19).


Ia menyebut kenaikan harga tersebut mulai terjadi sejak 2 minggu yang lalu. Namun, paling parah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

"Sekitar 2 minggu yang lalu mulai naik terus harganya sejak Lebaran. Naiknya sedikit-sedikit, tapi yang paling parah sekitar beberapa hari kemarin, langsung banyak kenaikannya," imbuhnya.

Sementara pedagang pasar lainnya, Ratmi menengarai kenaikan harga tersebut akibat kelangkaan stok cabai di tingkat petani. Sebab, permintaan pasar yang besar, tak dapat diimbangi hasil panen yang banyak karena memasuki musim kemarau.

"Kenaikan itu kan karena kebutuhan banyak, panennya sedikit dari petani. Kan nggak ada air, yang ada kan daerah-daerah tertentu yang ada air. Akhirnya langka," terang Ratmi.


Meski mengalami kenaikan harga yang signifikan, ia mengatakan para pembeli cenderung masih membeli jenis cabai-cabaian tersebut, sebab menurutnya tak ada lagi pilihan lainnya.

"Kalau pembeli yang untuk jualan makanan memang terus banyak yang curhat ngeluh begitu. Ya mau bagaimana lagi, karena kalau beli yang lain pastinya ya berbeda rasanya. Mau nggak mau ya beli. Tapi pembeli yang masyarakat biasa ya menyiasati belinya dikit-dikit begitu," akunya.



Harga Cabai di Rembang Melonjak hingga Rp 65.000/Kg


Simak Video "Harga Melambung, Konsumen Pilih Beli Cabai Tanpa Biji"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com