Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 14:05 WIB

Harga Emas Lagi Tinggi, Belinya Kini Bisa Murah dan Makin Mudah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: CNN.com Ilustrasi/Foto: CNN.com
Jakarta - Emas menjadi salah satu jenis barang paling populer dalam sejarah investasi di dunia. Selain bentuknya yang secara fisik melambangkan kemakmuran, harga barang ini juga terus naik setiap tahunnya dan tak pernah turun.

Dalam beberapa minggu terakhir, harga emas bahkan sempat naik puluhan ribu rupiah dalam sehari. Hal ini bisa jadi salah satu momentum bagi Anda yang ingin berinvestasi emas.

Membeli emas kini juga tak perlu lagi datang ke toko dan membawa pulang dalam bentuk fisik. Perkembangan teknologi membuat mudah pembelian emas. Misalnya membeli emas bisa dicicil mulai dari 500 perak.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan pembelian emas secara online memang saat ini sedang tren dan berkembang di Indonesia. Hal ini bisa menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin menabung emas.

"Jika tempat tinggal dekat dengan gerai penjualan emas bisa beli langsung, tapi beli online juga bisa, karena tidak harus langsung 1 gram atau 5 gram. Bisa sedikit-sedikit," kata Andy saat dihubungi detikFinance, Kamis (18/7/2019).


Selain melalui channel e-commerce, memiliki emas juga bisa melalui kredit di Pegadaian atau bank syariah. Hal ini bisa jadi alternatif yang menarik karena dengan jumlah bobot logam mulia yang sama sejak dicicil sampai 5 tahun lagi bisa lunas.

"Misalnya, harga cicilannya adalah harga emas yang sekarang, sehingga ketika emasnya lunas 5 tahun lagi dan kita ambil fisiknya, harganya sudah naik sejak awal pembelian," jelas dia.

Salah satu e-commerce yang punya layanan jual beli emas adalah Tokopedia. VP Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengungkapkan saat ini Tokopedia memiliki fitur jual beli emas online yang aman, terjangkau mulai dari Rp 500 dan bekerja sama dengan pegadaian.

Ini dilakukan untuk mendorong masyarakat Indonesia berinvestasi melalui Tokopedia Emas.

"Menurut data Tokopedia, animo masyarakat yang terdiri dari berbagai latar belakang dalam berinvestasi emas sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kemudahan dalam membeli emas berdampak signifikan untuk berinvestasi emas masyarakat Indonesia," jelas dia.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com