Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 16:20 WIB

Hore, Terbang ke Jerman Bisa Naik Citilink Akhir Tahun Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kabar gembira buat masyarakat Indonesia yang gemar jalan-jalan ke luar negeri. Pasalnya, pada kuartal IV-2019 PT Citilink Indonesia akan melayani penerbangan ke Jerman.

Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno mengapresiasi rencana Citilink untuk membuka rute penerbangan ke Frankfurt pada kuartal IV-2019 mendatang.

Hal itu disampaikannya saat menerima Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo di KBRI Berlin, Selasa 16 Juli 2019.


Menurut Havas, langkah Citilink membuka rute penerbangan ke Frankfurt sangat tepat karena peluang pasarnya besar dan cukup menjanjikan.

"Dalam setahun tercatat lebih dari 270.000 wisatawan asal Jerman yang ke Indonesia. Jumlah WNI kita di Jerman ada sekitar 25.000 orang," kata Havas dalam keterangannya, Kamis (18/7/2019).

"Belum lagi kalau kita hitung bahwa Frankfurt adalah salah satu hub utama untuk penerbangan ke Polandia, Ceko dan Slovakia. Kita bisa perkirakan berapa peluang yang dapat diambil," tambah dia.

Hore, ke Jerman Bisa Naik Citilink Akhir Tahun IniFoto: Dok. KBRI Berlin

Havas menceritakan, pasar yang cukup besar tersebut banyak dimanfaatkan oleh maskapai-maskapai Asia Tenggara lain, terutama Singapore Airlines dan Thai Airways. Dalam seminggu jumlah penerbangan Thai Airways saja saat ini sudah mencapai 22 kali.

"Sudah saatnya kita ambil kembali peluang pasar tersebut," tegas Dubes.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh beberapa anggota Direksi Citilink serta Konjen RI Frankfurt, Toffery Soetikno, dibahas beberapa rencana untuk memperluas jangkauan pasar Citilink di Frankfurt. Di antaranya rencana code share dengan Lufthansa untuk penerbangan lanjutan serta dengan Deutsche Bahn untuk lanjutan dengan kereta api.


Diketahui bahwa pada 30 Juni 2019 lalu, anak perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ini telah mengumumkan rencana ekspansi penerbangan ke Jeddah dan Frankfurt. Penerbangan perdana direncanakan akan dilakukan pada sekitar Oktober atau Desember 2019. Untuk rute ini Citilink menggunakan pesawat tipe Airbus A-330-900 Neo, dengan kapasitas sebanyak 42 kursi kelas premium ekonomi dan 323 kelas ekonomi.

Sebagai langkah awal untuk mendukung program branding, Citilink Indonesia akan bekerja sama Visit Indonesia Tourism Office (VITO) dan tour operator terbesar di Jerman, TUI Deutschland.

Diharapkan dengan pembukaan rute baru Citilink ke Frankfurt ini menjadi pelengkap untuk mendorong arus wisatawan Jerman ke Indonesia. Konsep promosi komplet dengan pendekatan advertising, branding dan selling yang selama ini dilakukan Perwakilan RI di Jerman kini dapat lebih dimaksimalkan dengan adanya maskapai nasional yang beroperasi di Jerman.


Hore, Terbang ke Jerman Bisa Naik Citilink Akhir Tahun Ini
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com