Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Jul 2019 11:12 WIB

RI dan Australia Bahas Peluang Kerja di Tengah Bonus Demografi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - Kementerian PPN/Bappenas bersama Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI) menggelar program tahunan Indonesia Development Forum (IDF) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (21/7/2019).

Tahun ini, IDF 2019 mengambil tema pemanfaatan peluang pekerjaan di masa depan dalam mendorong pertumbuhan inklusif. Pembukaan acara ini diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Tema tahun ini sejalan dengan salah satu agenda prioritas Pemerintah Indonesia untuk beberapa tahun ke depan, yaitu pembangunan sumber daya manusia yang kompetitif dan menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas melalui transformasi struktural dan perbaikan iklim investasi," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.


Forum ini menjadi wadah bagi praktisi pembangunan di sektor publik, swasta, dan nirlaba untuk bertemu, bertukar gagasan, dan mencari solusi guna atasi tantangan pembangunan Indonesia. Tema ini dipilih mengingat Indonesia akan segera memasuki masa puncak bonus demografi, dengan proyeksi jumlah penduduk usia produktif mencapai hingga 68% atau setara dengan 200 juta orang.

Agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara, perlu disiapkan strategi dan perencanaan matang dalam meningkatkan produktivitas sumber daya manusia (SDM), serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi yang pesat.


Bambang mengatakan penting bagi Indonesia untuk menyusun strategi demi menyongsong persaingan pasar kerja global yang semakin kompetitif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat.

"Tahun lalu, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,3% dan kita mampu menciptakan lapangan kerja bagi 2,98 juta orang serta menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menjadi 5,34%," katanya.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, kualitas sumber daya manusia Indonesia menurut data HDI masih berada di peringkat menengah. Untuk itu, forum ini diharapkan dapat menemukan gagasan dan inovasi yang akan dikumpulkan dari sekitar 250 pembicara yang akan menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam merumuskan kebijakan untuk memanfaatkan peluang pekerjaan masa depan.

RI dan Australia Bahas Peluang Kerja di Tengah Bonus Demografi


Simak Video "Di Aturan Baru, Posisi untuk Pekerja Asing Makin Banyak"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com