Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Jul 2019 13:50 WIB

Proyek 'Gila' Elon Musk: Tanamkan Chip di Otak Manusia

Endah Sekar Wardani - detikFinance
Foto: Twitter/Istimewa Foto: Twitter/Istimewa
Jakarta - Baru-baru ini Elon Musk meluncurkan proyek terbarunya yaitu sebuah chip komputer yang terhubung ke dalam kabel berukuran kecil. Chip ini akan ditanamkan ke dalam otak manusia dengan menggunakan robot bedah. Proyek ini diluncurkan oleh perusahaan Neuralink milik Elon Musk yang didirikan pada tahun 2016.

"Uji coba manusia dapat dimulai pada akhir tahun depan, meskipun perusahaan belum memiliki persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS untuk studi semacam itu," kata Musk seperti dikutip dari CNN, Senin (22/7/2019).

Andrew Schwartz, seorang profesor neurobiologi di University of Pittsburgh dan pelapor dalam bidang mesin otak menyebut gagasan umum dan motivasi mereka saya pikir sangat tepat.


Namun upaya ini ternyata sempat terhambat karena beberapa alasan seperti mahal dan membutuhkan banyak pelatihan. Musk berharap agar implan yang diciptakan oleh Neuralink ini suatu hari dapat membantu orang lumpuh dalam mengendalikan ponsel.

Virginia de Sa, seorang profesor di University of California San Diego, mengatakan ide milik Neuralink ini terdengar "sangat menjanjikan," seperti penggunaan alat yang sangat kecil kemudian ditanamkan pada otak manusia.

Sampai saat ini Neuralink mengatakan bahwa proyek ini masih dalam tahap proses, Musk ingin proyek terbarunya ini jadi menarik dan disukai semua orang. Namun, beberapa ahli mengatakan mereka tidak dapat membayangkan jika kebanyakan orang menuntut untuk meminta chip otak Neuralink ini.



"Ini benar-benar seperti visi fiksi ilmiah yang membuat beberapa orang bersemangat, tetapi saya tidak melihat soal harga pasar untuk hal seperti itu,".

"Perkembangan teknologi harus jauh melampaui apa yang saat ini mampu dengan perangkat seperti ini," kata Andrew Hires, asisten profesor neurobiologi di USC.

Simak Video "Kalah Melawan SEC, Elon Musk Mundur dari Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com