Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Jul 2019 16:57 WIB

Harga Emas Lagi Mahal, Coba Beli 'Eceran' Saja

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Harga emas masih tinggi meskipun sudah ada sedikit penurunan. Hal ini berpengaruh pada harga emas berbentuk perhiasan dan emas dalam bentuk logam mulia.

Jika dulu membeli emas harus dalam bentuk fisik apalagi logam mulia ada minimum pembelian yakni 0,5 gram. Ini artinya anda harus menyediakan uang ratusan ribu untuk memiliki emas.

Tapi kini membeli emas kini sudah tak perlu lagi datang ke toko dan membawa pulang dalam bentuk fisik. Perkembangan teknologi membuat mudah pembelian emas. Misalnya membeli emas bisa dicicil mulai dari 100 perak.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan pembelian emas secara online memang saat ini sedang tren dan berkembang di Indonesia. Hal ini bisa menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin menabung emas.

"Jika tempat tinggal dekat dengan gerai penjualan emas bisa beli langsung, tapi beli online juga bisa, karena tidak harus langsung 1 gram atau 5 gram. Bisa sedikit-sedikit," kata Andy saat dihubungi detikFinance, Senin (22/7/2019).

Selain melalui channel e-commerce, memiliki emas juga bisa melalui kredit di Pegadaian atau bank syariah. Hal ini bisa jadi alternatif yang menarik karena dengan jumlah bobot logam mulia yang sama sejak dicicil sampai 5 tahun lagi bisa lunas.


"Misalnya, harga cicilannya adalah harga emas yang sekarang, sehingga ketika emasnya lunas 5 tahun lagi dan kita ambil fisiknya, harganya sudah naik sejak awal pembelian," jelas dia.

Rivki Mokodompit (29), pegawai swasta yang sudah menggunakan layanan e-commerce untuk membeli emas secara 'eceran' ini mengaku layanan tersebut sangat mudah dibanding membeli secara batangan.

"Beli di e-commerce itu gampang banget, gue tadi beli pas bangun tidur ha ha ha. Kalau beli batangan kan minimal 0,5 gram," kata dia.

Dia menceritakan, saat ini dirinya menggunakan layanan Tokopedia emas yang bisa dibeli dari harga Rp 500. Menurut dia harga beli ini bahkan lebih kecil dari Pegadaian.

"Bisa bayar pakai OVO, lebih praktis. Lalu ada cashback juga. Gue beli hampir tiap hari, karena dengan nominal kecil, jadi uang jajan disimpan di OVO setiap ada sisa dibeliin emas aja. Diakumulasi sebulan lumayan, ya setiap hari bisa Rp 15.000 deh buat beli emas," jelas dia.

Sebelumnya harga logam mulia atau emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun. Emas Antam turun Rp 1.000 ke Rp 704.000 dibanding Sabtu akhir pekan kemarin. Sementara harga buyback emas Antam di level Rp 633.000/gram.




Harga Emas Lagi Mahal, Coba Beli 'Eceran' Saja


Simak Video "Rekaman CCTV Perampok Bersenpi Gondol 6 Kg Emas di Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed