Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Jul 2019 17:21 WIB

Beli Emas 'Eceran' di Toko Online, Aman?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Untuk membeli emas, logam mulia kini tak perlu lagi pakai minimum 0,5 gram. Pasalnya sejumlah marketplace seperti BukaLapak dan Tokopedia menyediakan layanan pembelian emas dengan cara yang mudah.

Melalui marketplace ini semua orang memiliki kesempatan untuk berinvestasi di instrumen emas. Pendiri sekaligus CEO BukaLapak Achmad Zaky menjelaskan saat ini di BukaLapak sudah memiliki instrumen emas mulai dari Rp 100 atau micro investing.

"Menurut kami, emas masih menjadi alternatif investasi di tengah kondisi ekonomi domestik dan global yang cenderung volatil karena nilainya stabil dan cenderung naik di jangka panjang," kata Zaky saat dihubungi detikFinance, Senin (22/7/2019).

Zaky menjelaskan dengan teknologi ini, seluruh masyarakat Indonesia bisa menjangkau emas untuk berinvestasi. Diharapkan pula bisa memudahkan serta meningkatkan hidup masyarakat untuk mendukung kemajuan sosial dan ekonomi di Indonesia.

Dia menambahkan, dengan fitur yang disesuaikan pada kebutuhan pelanggan, aktivitas jual - beli Emas di BukaEmas menjadi sangat mudah.


"Pelanggan dapat membeli, menjual dan menyimpan emas di brankas ANTAM tanpa biaya penyimpanan sama sekali. Selain itu, pelanggan juga dapat menarik emas yang telah dibeli untuk langsung dikirimkan ke alamat masing-masing," jelas dia.

Untuk layanan BukaEmas, BukaLapak bekerja sama dengan PT Sinar Rezeki Handal (Indogold) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) sehingga dapat menjangkau masyarakat di kota besar dan di daerah.

Kemudian VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak saat ini Tokopedia memiliki fitur jual beli emas yang aman dan terjangkau. Harga emas yang dijual mulai dari Rp 500 dan bekerja sama dengan pegadaian.

"Fitur ini agar semangat berinvestasi masyarakat Indonesia makin terdorong melalui Tokopedia Emas, membeli emas juga jadi semakin mudah," jelas dia.

Nuraini mengungkapkan, sistem yang digunakan saat ini sudah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses transaksi juga relatif mudah, nasabah cukup mengisi jumlah emas yang ingin dibeli dalam bentuk satuan gram atau rupiahnya. Setelah itu lakukan proses dan pembayaran yang tersedia di aplikasi Tokopedia.




Beli Emas 'Eceran' di Toko Online, Aman?


Simak Video "Imbas Perang Dagang AS-China, Harga Emas Antam Melambung Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com