Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Jul 2019 17:10 WIB

Tenang, 'Black Friday' Ala Indonesia Anti Diskon Bohongan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi Black Friday di AS. oto: BBC Magazine
Jakarta - Perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia akan diiringi pesta diskon besar-besaran mulai 16-31 Agustus 2019. Perayaan yang diberi nama Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) ini dipastikan memberi diskon tanpa menaikkan harga terlebih dahulu dari suatu produk.

"Diskonnya benaran, tidak ada dinaikkan duluan. Jadi ini benar-benar kado dari para retailer yang memberikan diskon kepada masyarakat Indonesia," tutur Ketua Panitia HBDI Fetty Kwartati dalam jumpa pers HBDI 2019, di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Selain itu, ia juga meyakinkan bahwa para peserta HBDI ini yang juga merupakan anggota Himpunan Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) ini akan memberikan diskon sesuai dengan tema pesta belanja kali ini yakni perayaan HUT RI ke-74. Apabila nanti ada masyarakat yang menemukan brand peserta HBDI tak beri diskon, Fetty mengatakan kemungkinan besar barangnya habis atau diskon sudah tak berlaku.

"Kalau memang brand-nya sudah komitmen ikutan, biasanya mereka pasti ikut. Mungkin saja waktu coba belanja terus tidak bisa, sudah habis diskonnya atau kesempatannya sudah lewat. Karena memang hari diskonnya lama sekali, barang sampai ludes. Bahkan yang di mannequin pun dibeli. Benar-benar kosong tokonya. Jadi mereka itu sudah komitmen, kalau sudah ikut (HBDI) mereka komit," terang Fetty.

Bentuk diskon pada HBDI kali ini akan beragam. Misalnya, diskon sebesar 74%, potongan belanja Rp 74.000, dan diskon khusus bagi orang berusia 74 tahun.


"HBDI 2019 yang bertepatan dengan hari ulang tahun RI ke-74 akan memberikan aneka promo istimewa bernuansa 74, seperti diskon 74%, harga khusus untuk produk tertentu seharga Rp 74.000, promo bagi mereka yang berusia 74 tahun dan masih banyak lagi," jelas Fetty.

Fetty mengatakan, saat ini ada lebih dari 200 perusahaan, lebih dari 300 brand dan 18.000 gerai yang akan memberikan diskon selama 16 hari tersebut. Lokasi pesta diskonnya ini ada di lebih dari 300 pusat perbelanjaan yang tersebar di 70 kota.

"Jumlah peserta yang akan ikut lebih 200 perusahaan. Jumlah brand-nya lebih dari 300 brand, dan jumlah gerainya lebih dari 18.000. Dan pusat belanja dimana gerai-gerai tersebut berada itu lebih dari 300 pusat belanja, dan lebih dari 70 kota," papar dia.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan, HBDI ini diharapkan dapat menjadi acara ikonik tahunan yang bisa seperti Black Friday di Amerika Serikat dan Boxing Day di Inggris.

"Saya berharap agar acara HBDI ini dapat digelar secara rutin serta menjadi acara ikonik setiap tahun seperti black friday di Amerika Serikat atau boxing day di Inggris," imbuh Srie.




Tenang, 'Black Friday' Ala Indonesia Anti Diskon Bohongan


Simak Video "Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Kemendag Impor 550 Ribu Ton Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com