Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 26 Jul 2019 08:22 WIB

Polusi Jakarta Parah Gara-gara Banjir Kendaraan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho
FOKUS BERITA #enakdisopirin
Jakarta - Aplikasi pemantau kualitas udara, AirVisual mencatat polusi udara di Jakarta sebagai yang terburuk di dunia pada Kamis (25/7), pukul 07.26 WIB. Kondisi ini melonjak dari hari sebelumnya yang ada di peringkat tiga dan sebelumnya lagi ke sembilan.

Emisi kendaraan jadi salah satu penyumbang polusi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sampai harus mewajibkan semua kendaraan yang masuk Jakarta melakukan uji emisi. Bahkan ada wacana mewajibkan SPBU di Jakarta punya alat pengukur emisi sendiri.

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, Jakarta saat ini memang masih dibanjiri pengguna kendaraan pribadi yang menghasilkan emisi dalam jumlah besar.


Apa lagi, banyak warga dari luar Jakarta yang masuk ke ibu kota ini setiap harinya. Dan kebanyakan dari mereka masih menggunakan kendaraan pribadi.

"Orang yang bergerak di Jakarta itu ada dari Bogor, Tangerang, Depok sampai Bekasi. Yang jadi pertanyaan, apakah orang dari daerah yang ke Jakarta itu menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi?" ujar Djoko saat dihubungi detikFinance, Kamis (25/7/2019).

Berdasarkan data BPS 2018, pertumbuhan kendaraan bermotor yang masuk jalanan Jakarta dalam rentang 2012-2016 mencapai 5,35%/tahun. Jika dirinci menurut jenis kendaraan, mobil penumpang mengalami pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 6,48%/tahun. Setelah itu sepeda motor yang mengalami pertumbuhan sebesar 5,30%/tahun.

Dari data BPS tersebut diketahui saat ini ada sedikitnya 13,3 juta sepeda motor dan 3,52 juta mobil pribadi yang beredar di jalanan Jakarta, lebih banyak dari jumlah penduduk DKI Jakarta yang pada 2017 tercatat sebanyak 10,37 juta jiwa.


Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul ["Berapa Jumlah Penduduk Jakarta?"] , https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/01/24/berapa-jumlah-penduduk-jakarta


Menurut Djoko, masih banyaknya pengguna kendaraan pribadi dari luar Jakarta adalah karena masih minimnya ketersediaan transportasi umum di masing-masing kota sekitar Jakarta. Bahkan, cenderung tak ada transportasi umum yang mendekat ke pusat-pusat pemukiman di kota-kota satelit Jakarta tersebut.

Banjirnya kendaraan pribadi dari luar menuju Jakarta pun jadi hal yang sulit dihindari.

"Karena rumah-rumah mereka, tempat tinggal mereka nggak ada angkutan umum," tutur dia.


Polusi Jakarta Parah Gara-gara Banjir Kendaraan?




Simak Video "Musim Kemarau dan Udara Jakarta yang Tak Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
FOKUS BERITA #enakdisopirin
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com