Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 28 Jul 2019 10:59 WIB

Liputan Khusus Bisnis Kuliner Vegetarian

Nikmatnya Laba Bisnis Kuliner Vegetarian

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bisnis kuliner vegetarian dan vegan punya prospek menarik. Tak heran, pelaku bisnis vegetarian maupun vegan mulai bermunculan.

Novita Natalia Kusumawardani salah satunya, dengan bisnis katering vegan onlinenya plantful.id. Artinya, produk yang dia jual sama sekali tak ada unsur hewani seperti susu hingga kaldu yang terbuat dari ayam.

Ada 3 jenis paket yang ditawarkan plantful yakni healty diet, super weight loss, dan fitmom. Kemudian, jenis makanan yang ditawarkan yakni makanan Indonesia, Jepang, China, dan Barat.

"Kalau misalkan Indonesia food yang paling banyak membeli rendang, rendangnya dari jamur, sayur-sayuran sama cuma yang bedain rendangnya vegan, kalori lebih rendah. Kita nggak pakai santan tapi ada semacam pengganti santan," katanya kepada detikFinance, Selasa (23/7/2019).


Vita sapaannya, mengaku memulai bisnis April 2019 lalu. Dia bilang tak mengeluarkan modal besar, hanya sekitar Rp 5-7 juta. Modal itu, katanya, untuk menyiapkan 20 paket makanan termasuk menyewa jasa kurir dan juru masak.

Dalam menjalankan bisnis, Vita menerapkan sistem pre order (PO) atau pembayaran di muka. Sehingga tak butuh modal besar.

"Untuk memulainya nggak terlalu besar, ini kan katering biasanya sistem PO. Mas mau langganan Senin minggu depan, mas transfernya di hari Minggu minggu ini. Jadi megang uangnya mereka dulu untuk jadi bahan baku. Kalau modal sendiri pinter-pinter olahnya sih, tergantung bisnis kaya gimana," ujarnya.


Produk Vita dipasarkan lewat media sosial Instagram. Produk tersebut menyasar mayoritas perempuan terutama bekerja di kantoran. Untuk paket makananya ia jual seharga Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per paket, atau Rp 250 ribu hingga Rp 450 ribu per paket selama 5 hari.

Bisnis ini terbukti cepat berkembang, dalam 3 bulan saja pesanan meningkat sampai 80 paket per hari. Dengan perhitungan kasar, dia bisa memperoleh omzet sekitar Rp 4 juta per harinya.

"Coba kalau 80 box, seorang paket Rp 50 ribu sehari kaliin aja," terangnya.



Tonton video Kreasi Rendang Jamur hingga Sate Kedelai Enak untuk Vegan:

[Gambas:Video 20detik]

Nikmatnya Laba Bisnis Kuliner Vegetarian


(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com