Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 30 Jul 2019 12:43 WIB

Bangun Kawasan Ekonomi, Pengusaha Jabar Gaet Manchester

Erna Mardiana - detikFinance
Foto: Dok. Kadin Jabar Foto: Dok. Kadin Jabar
Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jawa Barat (Jabar) menjajaki kerjasama dengan Kadin Manchester khususnya pengembangan star up di Jabar yang berbasis teknologi.

Hal itu merupakan hasil kunjungan Ketua Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke Manchester pekan lalu.

"Jadi kami studi banding ke Manchester untuk rencana pembentukan kawasan ekonomi baru berbasis teknologi yang terkoneksi dengan infrastruktur lainnya seperti airport, pelabuhan dan juga tol. Jadi mereka bisa jadi konsultannya," ujar Tatan di Gedung Sate, Selasa (30/7/2019).

Saat ini ada dua lokasi yang akan dibangun untuk kawasan ekonomi baru yaitu Tegaluar Gedebage dan Ciwalini. "Kenapa dua lokasi itu yang dipilih, karena ke depannya kawasan itu merupakan TOD (transit oriented development) kereta cepat," ujarnya.


Kawasan Tegaluar akan dibangun HUB perdagangan internasional, tidak hanya bagi Jabar tapi juga nasional. "Nanti di Tegaluar akan dibangun convention hall untuk pameran produk internasional," kata dia.

Sementara untuk Ciwalini akan jadi kawasan kota baru atau little Dubai. "Di sana akan dibangun media city internasional dan juga kantor perwakilan perusahaan internasional," kata Tatan.

Selain penjajakan kerjasama dengan Manchester, Kadin juga akan menjual komoditas unggulan agro industri Jabar, yaitu teh dan kopi juga buah-buahan tropis.

"Kemarin juga kami melakukan pertemuan dengan Royal commonwealth society representatif Afrika. Kita akan jual kain batik di sana yang di sana tuh terkenalnya baju Mandela," kata dia.



Simak Video "Pengusaha Minta Jokowi Turunkan Pajak Perusahaan"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com