Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 31 Jul 2019 15:34 WIB

Anggaran Lebih Kecil Dari DKI, Risma Pamer Capaian Surabaya

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini pamer capaian beberapa pembangunan yang sudah direalisasikan selama dirinya menjadi orang nomor satu di Surabaya.

Bahkan, dirinya pun membandingkan anggaran Surabaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan DKI Jakarta.

"Itu penghematan dari pengelolaan keuangan," kata Risma di Soehanna The Energy Building, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Capaian yang sudah berhasil direalisasikan Risma, antara lain membangun jalan baru sepanjang 250 km, 1.400 perpustakaan baru, 110 sekolah baru, 70 taman baru, dan 70 lapangan olah raga baru.

Risma bilang, penghematan anggaran yang berhasil dilakukan karena inovasi. Di mana, sebagian pelayanan publik telah ditransformasi ke sistem elektronik atau IT.


Selain itu, Surabaya juga dalam menyusun anggaran sangat rinci. "Guru, beli kertas saja harus dihitung, setahun itu berapa kebutuhannya," tambah dia.

Dia pun mengungkapkan, bahwa anggaran Surabaya 10 kali lipat lebih rendah dibandingkan DKI Jakarta. Dengan anggaran yang lebih kecil, Risma juga mengatakan pemerintah masih bisa menyediakan 35.000 makanan gratis untuk anak yatim dan piatu, serta lansia.

"Itu ternyata juga uang yang hanya 1/10 DKI, kami bisa lakukan itu. Uang kami sedikit sekali, kalau harus hemat itu berpengaruh," ungkap dia.



Simak Video "Tonton Blak-blakan Tri Rismaharini: Sampah, DKI dan Kursi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com