Jokowi Janji Promosi Besar-besaran Danau Toba Mulai 2020

Ray Jordan - detikFinance
Rabu, 31 Jul 2019 19:05 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Negara di kawasan Danau Toba/Foto: Jokowi dan Iriana (Ray Jordan/detikcom)
Samosir - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke Danau Toba dan kawasan sekitarnya. Kunjungan tersebut berlangsung 29-31 Juli.

Di sela-sela kunjungan Jokowi mengatakan promosi besar-besaran Danau Toba dan kawasan pendukungnya dimulai 2020.

"Ya nanti setelah selesai artinya Insyaallah tahun depan, meskipun sekarang sudah mulai tapi besar-besarannya mungkin mulai tahun depan setelah produknya betul-betul selesai. Produk-produknya tadi, desa adat, desa ulos, pasarnya, semuanya, jalannya sudah siap, dermaganya siap, termasuk ini terusan tano ponggol selesai. Ini pekerjaan besar dilebarkan 80 meter sehingga nanti kapal itu bisa mutar Pulau Samosir," tutur Jokowi di Desa Tano Ponggol, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (31/7/2019).


Jokowi menjelaskan sudah tiga hari kelilingi beberapa titik di kawasan Danau Toba. Mulai dari Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Simalungun, Toba Samosir, hingga ke Pulau Samosir. Selain itu Jokowi juga mengecek infrastruktur jalan di Samosir yang masih tersisa pembangunan 21 kilometer, dan targetnya rampung tahun ini.

Jokowi juga mengunjungi desa adat, desa ulos, dan pasar, yang rencananya akan direhabilitasi.

"Semuanya juga akan direhab total. Pasarnya, pasar suvenir, pasar yang di sini juga akan dikerjakan, tahun ini dan tahun depan. Kemudian akan diselesaikan semuanya, termasuk juga dermaga dan pelabuhan akan kita selesaikan. Kapalnya juga akan ditambahkan, dermaganya semua selesai setelah itu akan kita promosikan, marketingi secara besar-besaran Danau Toba," janji Jokowi.

"Semuanya diperbaiki. Nanti dilihat akhir tahun depan. Insyaallah perubahannya akhir tahun depan," sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.



Simak Video "Presiden Jokowi Luapkan Emosi ke Menterinya, Sandiaga: Motivasi"
[Gambas:Video 20detik]
(jor/hns)