Ada Ide Sri Mulyani di Balik Tagline Bayar Pajak Semudah Isi Pulsa

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 02 Agu 2019 16:16 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Instagram @smindrawati
Jakarta - Demi mendorong kesadaran wajib pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan berbagai cara. Termasuk mengeluarkan tagline bayar pajak semudah isi pulsa.

Tagline itu ternyata ide dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ide itu juga muncul dari pengalamannya pribadi saat bersama suami dan anaknya.

"Saya lagi makan sama anak saya terus suami saya bilang eh pulsa telepon saya abis tolong isiin dong. Anak saya isi pakai bank mobile gitu, sambil dia nyuap gitu udah selesai pah," ujarnya dalam acara Kadin Talks, di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (2/8/2019).


Melihat kemudahan isi pulsa itu Sri Mulyani terkesima, kemudian muncul ide untuk menerapkannya dalam pembayaran pajak.

"Saya bilang, wah kalo bayar pajak semudah itu kita sambil nyuap bisa bayar pajak kan gampang banget. Makanya besoknya saya rapat langsung bilang kemarin saya punya pengalaman saya melihat sendiri kalo beli pulsa itu cuma take a second sambil makan saja kita langsung bisa. Saya kepingin bayar pajak semudah beli pulsa," tutur Sri Mulyani.

Ide itu tak hanya sekedar wacana. Ditjen Pajak akan kerjasama dengan e-commerce seperti Tokopedia untuk mempermudah pembayaran pajak.

"Nah sekarang ini jadi tagline membayar pajak semudah beli pulsa dan kita sekarang sudah kerja sama nanti dengan Tokopedia dan kainnya. Mereka akan melakukan jadi channel bayar pajak. Artinya willing to mengadopsi tekologi, mengubah bisnis proses, menciptakan momentum untuk menggunakan itu," tutupnya.




Ada Ide Sri Mulyani di Balik Tagline Bayar Pajak Semudah Isi Pulsa


Simak Video "Sri Mulyani Pamer Pengangguran RI Turun di Februari 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)