Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 09 Agu 2019 22:15 WIB

Hasil Polling detikFinance

Kata Mereka yang Menolak/Setuju PNS Kerja dari Rumah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - detikFinance telah menggelar polling untuk mengetahui respons masyarakat terkait wacana pegawai negeri sipil (PNS) bisa kerja di rumah. Sebanyak 5.136 responden telah memberikan pandangannya, di mana sebanyak 59% tidak setuju atas wacana ini.

Ada beragam alasan responden tak setuju dengan wacana ini. Salah satunya karena PNS saat ini dianggap kerap membolos. Hal itu diungkapkan oleh akun @FadillahAkbar26.

"Skrg aja, pns walaupun kerjanya di kantor tetap aja ay bnyk yg mbolos kerja, apalagi kalo kerjaannya dipindah ke rumah," tulisnya seperti dikutip detikFinance, Jumat (9/8/2019).

Hal senada diungkapkan @widiartha_adi. Menurutnya, saat jam kerja saja PNS bisa santai-santai makan di kantin dan merokok.


"kenapa nggak PNS nya aja sekalian dipangkas, kerja di kantor aja bisa jam kantor sudah di kantin, ngerokok, ngerumpi paling sadis selingkuh saat jam kerja ... dengan PNS dipangkas anggaran negara lebih ringan daripada mereka dapat gaji buta, koq malah dirumahkan ?" katanya.

Kemudian, akun @Iraone13813063 mengkritik pelayanan.PNS yang lama saat kerja di kantor. Dia mempertanyakan, bagaimana jika PNS kerja di rumah.

"Ada dikantor aja pelayanannya lama apa lagi di rumah," tulisnya.

Sementara, Sari Amalia dengan akun @sariamallia punya pandangan beda. Ketidaksetujuannya soal PNS kerja di rumah bukan karena sering membolos atau pelayanan.


Dia menuturkan, untuk PNS khususnya yang berprofesi sebagai guru harus bertemu dengan murid. Menurutnya, jika bekerja di rumah tidak bisa menilai perilaku murid.

"aku sih no! karena kalo itu yang dituju untuk PNS yang berprofesi guru maka guru itu tidak bisa menilai perilaku anak muridnya. kalaupun diajari lewat video call, sangat tidak efektif selain menambah biaya pengeluaran kuota internet guru, guru juga ga fokus membimbing muridnya," jelasnya.

Pembaca yang setuju

Di sisi lain ada 27% pembaca yang setuju rencana PNS bisa kerja dari rumah. Apa alasan mereka yang setuju?

Namun, ada sebanyak 27% setuju atas wacana ini. Apa alasannya?

M Sebbhie Tyasworo dengan akun @zebhi mengatakan, PNS bisa bekerja di rumah layaknya perusahaan rintisan atau startup. Lantaran, ada jenis-jenis pekerjaan PNS yang butuh fleksibilitas jam kerja.

"Seperti pekerja di Startup, PNS jg ada yg bekerja sbg Programmer, Desainer grafis, Content creator, Sysadmin, CS, dll yg perlu fleksibilitas tinggi krn harus bekerja tdk ada batasan waktu jam kerja pagi - sore. Kerja bikin Aplikasi, desain, ngurusin web, ngurusin server, dsb," katanya seperti dikutip detikFinance, Jumat (9/8/2019).

Lalu, Arief Hadi Karokaro dengan akun @HadiKarokaro mengatakan wacana itu merupakan gagasan bagus. Lantaran, PNS mesti mengikuti perkembangan zaman.

"Menurut saya ide yg bagus. Tentu tdk semua pns kerja dr rumah, hrs ada aturan yg baik dan jelas mengatur itu. Hrs diingat kita berada di zaman teknologi 4.0, pekerjaan yg bertele-tele, tdk efisien dan efektif hrs dipangkas," tulisnya.

Sementara akun @mrhasanudin mengatakan, bekerja di rumah bisa diterapkan tergantung posisi PNS. Terpenting, kata dia, hasil kerjanya.
"Tergantung posisinya dong. Kan ada pns yg posisinya gak langsung berhubungan dengan masyarakat, tapi lebih ke back office. Nah yg tipe2 seperti ini yg dimungkinkan bisa kerja dari rumah. Toh, sekarang banyak juga perusahaan yg nerapin sistem kayak gini. Yg penting hasil kerjanya," ujarnya.


Simak Video "Soal PNS Libur Jumat, Komisi II: Nanti Kebanyakan Libur Bingung"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com