Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 17:21 WIB

Jakarta Akan Jadi Tuan Rumah World Economic Forum 2020

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro/Foto: Grandyos Zafna Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Delegasi World Economic Forum (WEF) meminta izin langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Indonesia bersedia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan alias Annual Meeting WEF Tahun 2020.

Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro di komplek Istana Kepresidenan. Bambang dan Kepala BKPM menjadi pendamping delegasi WEF saat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Nah, tahun depan mereka ingin annual meeting itu di Jakarta," kata Bambang di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).


Dalam pertemuan itu, dikatakan Bambang, Presiden Jokowi menyetujui Indonesia menjadi tuan rumah WEF 2020 di DKI Jakarta. Lalu, Jokowi juga memberikan masukan agar pertemuan ini membahas mengenai peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Menurut Bambang, hal itu sejalan dengan fokus pemerintah yang sudah tertuang dalam RPJMN 2019-2024. "Jadi nanti nuansa dari annual meeting-nya adalah human capital. Itu aja sih intinya," jelas Bambang.


Mantan Menteri Keuangan ini juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi meminta para delegasi WEF mengundang para pengusaha kondang hingga bos-bos perusahaan teknologi, termasuk Unicorn di ASEAN yang ada hubungannya dengan peningkatan kualitas SDM.

"Ya intinya kita bisa lebih memahami bagaimana menyiapkan human capital dalam rangka menghadapi industri 4.0, makanya yang ingin diundang adalah CEO-CEO global, mereka yang sudah terbiasa berhadapan dengan tantangan industri 4.0," ungkap Kepala Bappenas ini.

Simak Video "Pertemukan Investor dan Pelaku Startup, Menristek Formulasikan RnD yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com