Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 18:19 WIB

Pengusaha Minta Sosok Menteri BUMN Juga Prioritaskan Swasta

Hendra Kusuma - detikFinance
Kementerian BUMN/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance Kementerian BUMN/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani berharap sosok Menteri BUMN di periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu memprioritaskan swasta. Hal itu juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang ingin peran swasta dalam hal pembangunan perekonomian nasional lebih besar dibandingkan BUMN.

"Ya kalau kami harapannya adalah sinergi BUMN-swasta tentu diprioritaskan," kata Rosan saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (14/8/2019).


Rosan menilai moto sinergi BUMN hanya sebatas tagline yang dalam kenyataannya lebih mementingkan bersinergi bersama BUMN atau anak usaha BUMN. Posisi swasta akan diprioritaskan jika BUMN dan anak usaha BUMN tidak bisa melakukan sinergi.

"Kalau sekarang kan menurut saya harus pihak swasta yang diprioritaskan," jelasnya.

Sementara itu, kalangan pengamat menilai sosok yang tepat untuk Menteri BUMN di periode kedua adalah yang benar-benar menguasai sektor tersebut. Berasal dari profesional atau politisi pun tidak menjadi menjadi soal asalkan tidak memiliki konflik kepentingan baik secara politik maupun bisnis.


Direktur Eksekutif Core Mohammad Faisal menilai Presiden Jokowi harus memprioritaskan kalangan profesional untuk mengisi kursi Menteri BUMN.

"Menteri BUMN harus dari profesional yang punya pemahaman dan pengalaman teknis di bidang yang bersangkutan," kata Faisal.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang!

Simak Video "Jelang Tanding di Rusia, Siswa dan Lulusan SMK Bertemu Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed