Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 12:18 WIB

250 Pedagang Online Kumpul di JCC Buka Pasar Offline

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Pedagang Online Jualan Offline di JCC, (Vadhia Lidyana/detikFinance)
Jakarta - Sebanyak 250 pedagang online berkumpul di Jakarta Convention Center (JCC) membuka pasar offline yang akan berlangsung dari 15-18 Agustus 2019.

Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan PT Traya Eksibisi Internasional (Traya Indonesia) ini merupakan festival belanja online to offline yang bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat Indonesia untuk berbelanja online.

"Tujuannya acara ini membuat konsumen-konsumen Indonesia yang belum percaya kepada penjual online, bisa datang ke sini ketemu penjualnya langsung, dan next-nya bisa lanjut dan trust-nya terbangun," tutur Ketua idEA Ignatius Untung, di JCC, Kamis (15/8/2019).


Ignatius mengatakan, faktor kepercayaan masih menjadi problematika di Indonesia. Salah satu contoh nyata yakni masih tingginya transaksi online yang menggunakan metode pembayaran cash on delivery (cod).

"Masih jadi masalah karena faktor kebiasaan di Indonesia itu satu dari sedikit negara di dunia yang masyarakatnya melakukan belanja online tapi pembayarannya cod. Dan angka cod tertinggi di dunia itu Indonesia. Nah ini trust-nya masih belum terbiasa," kata Ignatius.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, dengan adanya acara ini maka dapat memberi pandangan terhadap masyarakat atau juga sosialisasi agar masyarakat mengetahui cara baru dalam berdagang dan juga membeli yakni melalui e-commerce.

"Kalau kita lihat ya besarnya nilai e-commerce Indonesia ini akan terus meningkat, karenanya pemerintah mengapresiasi apa yang dilakukan teman-teman idEA dan mitra pamerannya untuk senantiasa mensosialisasikan, yaitu cara baru kita berbelanja dan cara baru orang berdagang," terang Rudiantara.


Pasar idEA yang akan berlangsung selama empat hari ini terbuka untuk umum. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp 35.000 untuk dapat mengunjungi Pasar idEA ini. Pameran ini buka dari pukul 10.00-21.00 WIB.

Simak Video "Menkeu Kucurkan Triliunan untuk Diskon Tagihan Listrik Warga 3 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com