Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 19:15 WIB

Pakai APBN, Jokowi Mau Bawa Produk Lokal Kuasai Mal Malaysia

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetya/detikcom Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan memanfaatkan anggaran promosi yang berada di APBN sebagai modal brand lokal bisa masuk dan menguasai beberapa pusat perbelanjaan di luar negeri.

Jokowi pun menginstruksikan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) agar mencari pasar untuk produk lokal si luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Hong Kong, dan Vietnam.

"Kita akan bicara lebih detail, bagaimana packaging produk kita, yang brand sudah bagus lakukan quality control kita bawa ke luar," kata Jokowi di Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

"Nanti pemerintah akan bantu menyiapkan, nggak tahu apakah ada anggaran marketing yang bisa dicover pemerintah," tambah dia.


Keinginan Jokowi terhadap brand lokal bisa masuk ke pusat perbelanjaan di luar negeri, karena potensi produk lokal untuk menguasai mal di luar negeri masih besar.

Dia mencontohkan seperti di sektor kuliner, banyak pusat perbelanjaan di luar negeri namun restoran yang berada di sama merupakan makanan khas Thailand.

"Cari mal strategis, misalnya di Malaysia, Singapura, Filipina, Hong Kong, Vietnam. Kuasai separuhnya, isi merek- kita. Saya sedih kadang-kadang datang ke negara lain banyak restoran Thailand tetapi Indonesia tidak ada," ujarnya.

Oleh karena itu, modal untuk membawa brand lokal berasa di pusat perbelanjaan luar negeri bisa dilakukan kerja sama antara pemerintah dengan swasta.

"Cari mal, tempat strategis, nggak tahu nanti biayanya kita bagi-bagi dengan pemerintah. Ini pekerjaan besar, produknya kita bawa masuk ke negara lain. Sehingga yang kecil-kecil terangkut semuanya," ungkap dia.



Simak Video "Jokowi Disopiri Mahathir Naik Mobnas Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed