Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 14:13 WIB

Bicara Penerimaan, Bamsoet: Kinerja Perpajakan Menurun

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. Istimewa Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri maka pembangunan ekonomi perlu didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Bamsoet mengatakan, pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing perlu didukung oleh kinerja APBN yang berkesinambungan, yaitu dengan mengendalikan defisit APBN. Namun, kata dia, realisasi semester I-2019 belum menunjukkan perbaikan.

"Kenyataannya kinerja realisasi Semester I tahun 2019 belum menunjukkan kinerja yang lebih baik dari tahun lalu," kata Bamsoet dalam Pidato Nota Keuangan 2020 di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Berdasarkan realisasi Semester I Tahun 2019, penerimaan negara hanya mampu mencapai 41,5% atau lebih rendah dari realisasi periode yang sama pada tahun 2018 sebesar 44%.


"Kondisi ini disebabkan oleh kinerja perpajakan yang menurun dengan realisasi Semester I tahun ini hanya mencapai 38,6% dengan pertumbuhan yang lebih rendah dari tahun lalu, yaitu sebesar 5,4%" katanya.

Sementara pada tahun lalu dalam periode sama, perpajakan mampu tumbuh hingga 14,8%. Di sisi lain belanja negara mampu tumbuh hingga 9,6% pada Semester I tahun ini dengan realisasi 42%.

"Kinerja perpajakan yang menurun tersebut menyebabkan pelebaran defisit anggaran pada realisasi Semester I tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya," tuturnya.



Simak Video "Kapolri Hingga Sri Mulyani Hadiri Resepsi Nikahan Anak Bamsoet"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed