Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 14:56 WIB

Alokasi Bantuan Pangan Tahun Depan Naik Jadi Rp 1,8 Juta/Keluarga

Hendra Kusuma - detikFinance
Program bantuan pangan untuk rakyat Foto: Rengga Sancaya Program bantuan pangan untuk rakyat Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah juga terus memberikan perlindungan, khususnya bagi 40 lapisan masyarakat terbawah, sejak dari dalam kandungan hingga lanjut usia. Agar perlindungan sosial itu efektif dan efisien, Pemerintah terus memperbaiki target sasaran, meningkatkan sinergi antar-program, dan melakukan evaluasi agar kebijakan
berbasis bukti.

Pada 2020, Pemerintah akan menyalurkan anggaran pada 96,8 juta jiwa penerima bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), melanjutkan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat, dan menyalurkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) kepada 15,6 juta keluarga melalui kartu sembako.

"Dengan kartu sembako, keluarga penerima manfaat dapat membeli dan memilih bahan pangan yang lebih beragam, karena jumlah bantuan yang diterima meningkat menjadi Rp 1,80 juta per keluarga per tahun, dari sebelumnya sebesar Rp 1,32 juta per keluarga per tahun," ujar Jokowi dalam pidato RAPBN dan Nota Keuangan 2020 di Gedung DPR, Jumat (16/8/2019).

Selain dari bantuan yang ditujukan pada keluarga tak mampu, Pemerintah juga hadir untuk melanjutkan 13 program yang mendukung usaha ultra mikro dan UMKM. Semua ini didesain untuk memastikan unit sosial dan ekonomi terkecil di masyarakat, baik keluarga maupun UMKM yang memang membutuhkan uluran tangan, dapat tersentuh langsung oleh program pemerintah.

Jokowi menambahkan program-program yang mendukung usaha ultra mikro dan UMKM, semua ini didesain untuk memastikan unit sosial dan ekonomi terkecil di masyarakat, baik
keluarga maupun UMKM yang memang membutuhkan uluran tangan, dapat tersentuh langsung oleh program Pemerintah.

Simak Video "Bahas RAPBN 2020, Jokowi Tekankan Pentingnya Reformasi Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed