Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 17:04 WIB

Siapkan Rp 419 T, Ini Infrastruktur yang Dibangun Jokowi di 2020

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 419,2 triliun untuk pembangunan infrastruktur tahun 2020. Hal tersebut tercantum dalam RAPBN 2020 yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RAPBN 2020 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dari outlook anggaran infrastruktur APBN 2019, anggaran infrastruktur di 2020 tercatat naik Rp 19,5 triliun (4,9%). Jumlah ini tercatat yang paling tinggi sejak tahun 2015.

"Untuk infrastruktur ini meneruskan berbagai proyek strategis nasional, termasuk untuk menunjang konektivitas, ketahanan pangan, air, dan energi," kata Sri Mulyani.


Adapun sasaran dan output yang ingin diraih lewat pembiayaan tersebut di antaranya pembangunan jalan 837 km, 6,9 km jembatan, pembangunan 238,8 km jalur kereta api, penyelesaian tiga bandara baru, pembangunan 49 unit bendungan, serta 5.224 unit rusun dan 2.000 unit rumah khusus.

Salah satu kebijakan pembangunan infrastruktur yang ingin didorong adalah mengakselerasi pembangunan infrastruktur sebagai pendukung transformasi industrialisasi dan untuk merespons revolusi Industri 4.0. Selain itu pembangunan infrastruktur di perkotaan juga didorong untuk mengantisipasi urbanisasi seperti transportasi massal perkotaan, air bersih dan sanitasi, dan perumahan yang layak huni.

Pemerintah juga mendorong peran swasta maupun BUMN dalam rangka membiayai proyek strategis nasional melalui skema pembiayaan kreatif. Kemudian mengoptimalkan opsi-opsi kerja sama KPBU sebagai strategi kebijakan pembiayaan jangka panjang di luar APBN.

"Pembiayaan kreatif seperti vgf, availability payment ini sudah semakin meningkat. Dan kita harap makin banyak bisa dipakai oleh pemerintah pusat dan daerah," kata Sri Mulyani.



Simak Video "Sri Mulyani Lanjut Jadi Menteri Keuangan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com