Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 20:01 WIB

Jokowi Kritik Pejabat Studi Banding ke Luar Negeri, Darmin: Pakai HP Saja

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Dok. Kemenko Perekonomian Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Dok. Kemenko Perekonomian
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkritik soal kebiasaan studi banding ke luar negeri. Hal itu disampaikan saat pidato dalam Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Menteri koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan maksud Presiden Jokowi terkait hal tersebut. Artinya studi banding saat ini tak perlu lagi harus jauh-jauh ke lokasinya, karena saat ini mudah mengakses informasi dari luar negeri.

"Hahaha artinya Presiden mau bilang nggak usah studi banding. Pakai HP, gadget saja itu bisa dikerjakan," katanya saat ditemui usai konferensi pers Nota Keuangan dan RAPBN 2020 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (16/8/2019).


Jokowi dalam pidatonya di depan DPR secara khusus mengingatkan jajaran eksekutif agar lebih efisien dalam bekerja.

"Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari smartphone kita," kata Jokowi.

Pesan Jokowi itu juga tak hanya disampaikan kepada eksekutif. Dia juga menyinggung anggota Dewan yang hadir di depannya.

"Saya kira ini juga relevan untuk Bapak-Ibu anggota Dewan," kata Jokowi.



Simak Video "Tokoh Agama dan Ormas di Minahasa Utara Tolak Radikalisme"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com