Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Agu 2019 17:56 WIB

Luhut Putar Otak Atasi Sampah Pakai Dana Bank Dunia

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Isal Mawardi/detikcom Foto: Isal Mawardi/detikcom
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan terus mempercepat program pengelolaan sampah. Salah satunya adalah program pengelolaan sampah di Citarum.

Dia mengundang perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) untuk membahas ini di kantornya.

"Iya tadi kami mau mempercepat aja semua prosesnya," kata Luhut ditemui usai rapat, di kantornya, Senin (19/8/2019).


Pemerintah pernah diberi kucuran dana hingga Rp 1,4 triliun untuk atasi sampah di Citarum. Mengenai dana tersebut, Luhut juga mengatakan sedang diteliti semuanya akan digunakan untuk apa.

"Lagi penelitian aja semuanya dana untuk apa-apa," kata Luhut.

Dana tersebut ditujukan kepada Pemprov Jabar, mereka menerima kucuran dana dari Bank Dunia sebesar Rp 1,4 triliun. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Pria yang akrab disapa Kang Emil, mengatakan dari total dana sebesar Rp 1,4 triliun akan dibagi 80% untuk pengurusan sampah Bandung, sisanya di luar Bandung.

"Kita kan akan dapatkan bantuan dari Bank Dunia US$ 100 juta alias Rp 1,4 triliun untuk tangani sampah metropolitan. Tadi rapat menyepakati caranya, kita sepakat 80% dananya untuk atasi (sampah) di Bandung raya 20% nya non Bandung Raya," kata Kang Emil di kantor Luhut, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).

Simak Video "Patut Ditiru! Begini Cara Menteri LHK Lawan Sampah Plastik"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com