Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 08:50 WIB

Ada yang Nyinyir Goola Dapat Suntikan Modal Jumbo, Apa Kata Gibran?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini
FOKUS BERITA Es Doger Anak Presiden
Jakarta - Bisnis baru Gibran Rakabuming, Goola tengah ramai diperbincangkan. Startup minuman itu dicemooh lantaran mendapatkan pendanaan jumbo.

Goola belum lama ini dikabarkan mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar. Dana tersebut berasal dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Banyak yang mempertanyakan dan berpendapat miring, sebuah bisnis minuman tradisional bisa mendapatkan modal sebesar itu. Bahkan sampai ada yang mengaitkan tentang statusnya sebagai anak sulung Presiden Joko Widodo.


Mendengar nyinyiran itu, Gibran tidak ambil pusing. Menurutnya tidak ada yang aneh dari sebuah bisnis minuman mendapatkan suntikan dari modal ventura. Apalagi Alpha JWC Ventures juga pernah suntik modal ke Kopi Kenangan.

"Yang jelas kita harus berkaca dengan keberhasilan Kopi Kenangan yang disuntik Alpha JWC juga. Saya juga baru pulang dari Shanghai, kita bisa berkaca sama Hey Tea atau Luckin Coffee," ujarnya kepada detikFinance, Rabu (21/8/2019).

Goola sendiri merupakan bisnis kios minuman dengan produk-produk tradisional. Contohnya seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren. Goola kini memiliki 22 menu minuman yang terbagi dalam empat seri, yaitu Signature (produk unggulan), Tea (teh), Coffee (kopi), dan Refreshing (minuman segar).

Meski menjual minuman tradisional, Goola sebenarnya menargetkan pangsa pasar kelas menengah dengan hadir di beberapa mal ternama di Jakarta. Pendanaan yang didapat pun akan digunakan untuk menambah 160 outlet hingga 2020.

Sementara CEO Goola Kevin Susanto menambahkan, Goola bukan startup minuman pertama kali yang dapat modal dari Alpha JWC Ventures. Sebelumnya Kopi Kenangan sudah dapat dengan jumlah yang lebih besar.

"Kop Kenangan dapat US$ 8 juta dolar untuk buka 100 outlet. Kita dapat US$ 5 juta buka 160 outlet," ucapnya.


Sekadar informasi, belakangan ini ramai perbincangan di media sosial terkait kabar suntikan modal Alpha JWC Ventures kepada Goola. Salah satu yang memberikan komentar adalah Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu melalui akun Twitternya.

"Es Doger adalah bisnis para pedagang kaki lima bermodal kecil.Saya menikmati thn 80 an di Bogor. Apakah harus diambil alih oleh orang besar?" cuitnya.

Simak Video "Bisnis Minuman Berkembang, Gibran Buka 4 Gerai 'Goola' Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)
FOKUS BERITA Es Doger Anak Presiden
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com