Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Agu 2019 08:00 WIB

Kisah Inspiratif

Melihat Kegiatan Sosial Wanita Berharta Rp 305 Triliun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Laurene Powell Jobs. Foto: dok. Getty Images Laurene Powell Jobs. Foto: dok. Getty Images
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - Laurene Powell Jobs saat ini bisa dibilang menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. Berdasarkan data Forbes, Powell memiliki kekayaan US$ 21,5 miliar atau setara dengan Rp 305,3 triliun (kurs Rp 14.200 per dolar AS).

Dari daftar Forbes, Powell menduduki urutan ke 54 orang terkaya di dunia. Kemudian pada 2018, ia pernah menjadi Power Women dan masuk dalam daftar Forbes 400. Pada 2015 ia menempati posisi ke 9 orang terkaya dari sektor teknologi.

Mengutip successtory.com, Selasa (27/8/2019), punya kekayaan yang berlimpah tak menjadikan Powell manusia yang sombong. Ia mengabdikan diri untuk menjalankan misi kemanusiaan dan mengubah hidup jutaan orang melalui yayasan yang ia miliki.

Powell juga memiliki organisasi nirlaba bernama Emerson Collective Foundation yang mendukung wirausaha, advokasi kebijakan. Lalu ia juga fokus pada organisasi yang menegakkan keadilan sosial, masalah lingkungan dan pendidikan.

Saat ini yayasan tersebut gencar mengkampanyekan program pendidikan melalui cara yang high profile. Misalnya melibatkan selebriti untuk mendiskusikan berbagai macam jenis pendidikan di Amerika.

Menurut Powell, pendidikan merupakan kunci sukses manusia di masa depan, karena itu Emerson Collective berupaya keras untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk anak-anak.

Laurene juga mendirikan College Track sebuah lembaga nirlaba untuk membantu anak kurang mampu agar mendapat pendidikan dan segera lulus dari universitas. Lembaga ini telah didirikan sejak 1997 bersama Carlos Watson di East Palo Alto.

Wanita yang lahir pada 16 November 1963 ini merupakan pendiri perusahaan makanan sehat alami bernama Terravera yang berbasis di California. Awal merintis karir, Powell bekerja untuk Merrill Lynch Asset Management. Kemudian melanjutkan pekerjaan di Goldman Sach sebagai analis strategi perdagangan.


Kemudian pada 2017 dia mengambil alih saham mayoritas Atlantic Magazine dan menjadikan majalah tersebut untuk mempublikasikan Mother Jones to Propublica.

Pada 18 Maret 1991 ia menikah dengan Steve Jobs dan kemudian dikaruniai tiga orang anak bernama Reed, Erin dan Eve. Washington Post menyebut jika Powell adalah wanita yang berkuasa namun tetap rendah hati.

Powell tak sama sekali menggunakan kekuasaannya untuk hal yang tidak menguntungkan bagi pendidikan dan anak-anak.

Memang, Powell berasal dari keluarga yang sederhana. Sang ayah meninggal ketika usianya tiga tahun dan ibunya harus membesarkan ia dan ketiga saudaranya sendiri.

Ia dibesarkan di West Milford, New Jersey dan menyelesaikan pendidikan B.A dari University of Pennsylvania dan menyelesaikan B.S di bidang ekonomi di Wharton School. Kemudian pada tahun 1991 ia menyelesaikan gelar MBA dari Stanford Graduate School of Business.


Simak Video "Istri Gus Dur: Habibie Sosok yang Tulus"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ang)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com