Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Agu 2019 20:45 WIB

Hutan Amazon Terbakar Gara-gara Produksi Daging Sapi?

Ahmad Masaul Khoiri, Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kebakaran di Hutan Amazon-Brasil/Foto: Reuters
Jakarta - Kebakaran hutan di Amazon telah menjadi sebuah krisis di Brasil, bahkan dunia. Pasalnya, hutan Amazon merupakan salah satu paru-paru dunia.

Uniknya, ternyata kebakaran ini dipicu aksi produksi daging sapi besar-besaran. Lho kok bisa?

Dikutip dari CNN, Selasa (27/8/2019) sebagian besar kebakaran di Amazon didalangi oleh kalangan peternak, mereka membakar hutan untuk membuka lahan peternakan. Aksi ini didorong perjanjian perdagangan pada Juni antara negara-negara Mercosur (Brasil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay)dan Uni Eropa untuk membuka akses pasar daging sapi lebih luas lagi.


Kini, negara-negara Eropa menyerukan peninjauan kembali impor daging sapi Brasil. Laporan UN Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menguatkan langkah mereka. Laporan itu, mengatakan bahwa diet daging sapi dapat berkontribusi 20% dari upaya untuk menjaga suhu global naik 2°C.

Laporan gabungan memperkirakan produksi daging global akan meningkat 16% antara 2017 hingga 2027 untuk memenuhi permintaan yang ada dan mayoritas ekspansinya terjadi di negara-negara berkembang.

Di sisi lain Brasil merupakan pengekspor daging sapi terbesar di dunia. Mereka tercatat menyediakan hampir 20% dari total ekspor global. Menurut Asosiasi Eksportir Daging Sapi Brasil, tahun lalu Brasil mengekspor 1,64 juta ton daging sapi, dan menghasilkan pendapatan hingga US$ 6,57 miliar atau Rp 93 triliun. Jumlah itu bahkan memecahkan rekor nasional dalam ekspor daging sapi.



Simak Video "Dikirtik Dunia, Presiden Brasil Kirim Militer Atasi Kebakaran Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com